Monday 10 July 2017

Bahan Pengganti Bahan Masakan


Seringkali kita dihadapkan pada saat dimana kita kesulitan mencari bahan masakan, entah karena emang tidak ada di daerah kita, ataupun karena bahan masakan itu sudah habis di pasar. Saya sendiri disini seringkali tidak mendapatkan bahan masakan yang saya inginkan. Alhasil saya harus memutar otak untuk mencari bahan masakan pengganti. Lama lama saya jadi terlatih sendiri mencari bahan masakan pengganti walau awalnya karena terpaksa.

Mencari bahan masakan pengganti memang gampang gampang sulit. Selain kita harus memahami karakter dari bahan masakan yang ingin kita ganti dengan bahan masakan lain. Kita juga harus memahami apakah bahan masakan pengganti tidak akan merusak rasa dari jenis masakan yang akan kita masak, sebagai contoh santan, santan bisa digantikan dengan susu, seperti jika kita ingin memasak gulai, soto, opor dan yang lainnya. Tetapi kita tidak akan bisa mengaplikasikan susu pada jenis masakan dessert seperti es cendol, bubur sumsum, dan yang lainnya. Karena akan merusak cita rasa masakan itu sendiri. 

Berikut adalah macam macam bahan masakan pengganti yang bisa kita aplikasikan pada masakan :

1.     Susu sebagai pengganti Santan

       Seperti yang tadi saya kemukakan di atas, santan memang bisa menggantikan berbagai jenis bahan masakan. Jika ditanya apakah ada perbedaan rasa, tidak ada sama sekali ya Bun, asalkan tepat pengaplikasiannya hanya pada masakan tertentu contohnya gulai, soto dan opor lah yang sesuai jika santan diganti dengan susu. Tekstur santan emang bikin lebih gurih, tapi susu juga membuat masakan lebih berlemak jadi prinsipnya bisa saling menggantikan. 
Di pasaran, ada beberapa pengganti santan yang dikenal dengan sejenis bubuk pengganti santan. Saya sendiri cenderung menggunakan susu karena, saya tidak yakin apakah bubuk pengganti santan itu memang benar-benar bukan santan. Karena setau saya santan juga ada yang berbentuk bubuk. Wallahualam. Jadi saya pakai yang pasti-pasti saja dan lagipula susu juga lebih sehat.


2.     Kacang Almond sebagai pengganti kemiri

   Untuk yang tinggal di negara yang tidak ada kemirinya, kita bisa mengganti dengan almond yang teksturnya mirip sekali dengan kemiri. Saya sendiri disini terkadang memakai almond, jika stock persediaan kemiri yang saya bawa dari Jakarta sudah menipis, rasanya gak akan berpengaruh, karena kemiri sendiri berfungsi mengentalkan makanan dengan aroma khasnya. Demikian juga dengan almond, yang mirip dengan kemiri. 

ini adalah kacang almond kupas, tekstur nya mirip banget dengan kemiri kan

3.     Vinegar (cuka) dan Susu sebagai pengganti Buttermilk

         Beberapa resep masakan ada yang harus menggunakan Buttermilk, seperti pada ayam goreng KFC, efek buttermilk sendiri memberikan efek rasa yang lebih creamy dan gurih, jika ayam tidak dimarinasi dengan buttermilk, bisa saja, tapi tekstur daging ayam akan cenderung kering dan tidak juicy. Karena buttermilk yang susah didapat bagi sebagian orang, buttermilk bisa diganti dengan campuran susu dengan white vinegar (cuka putih). Perbandingan susu dan cuka adalah 4:1  aduk merata dan tunggu selama 5 sampai 10 menit sampai susu mengental menjadi buttermilk homemade. Jika tidak ada stock cuka dirumah bisa diganti dengan jeruk nipis atau lemon ya.


4.     Jus apel sebagai pengganti white wine

     Kadangkala kita menemukan resep masakan yang harus menggunakan white wine sebagai bahan utama nya. Tapi bagi sebagian orang yang tidak bisa mengkomsumsi wine, bisa menggantinya dengan jus apel. Perbandingannya sama 1:1 karena tekstur, aroma dan rasanya hampir mirip satu sama lain.

3.     Jus Cranberry atau Jus Anggur Merah sebagai pengganti red wine


        Aroma yang khas pada red wine bisa kita ganti dengan aroma dari jus cranberry, atau jus anggur merah, yang bisa kita temui dengan mudah di supermarket. Dengan memakan bahan pengganti dari red wine ini tidak akan merubah rasa masakan yang kita buat, aroma yang dihasilkan nya juga akan sama persis.






2 comments:

  1. Mau tanya.. Apa macadamia nuts bisa jd pengganti kemiri? Krn mirip sekali..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa banget... Macadamia paling mirip teksturnya dengan kemiri. Sebenarnya yang dicari dari kemiri kan supaya hasil kuah dari masakan cenderung kental, jadi macadamia bisa menggantikan dan paling mendekati tekstur kemiri. Tidak akan merubah rasa. Semoga membantu ya :)

      Delete

Jika ada yang ingin ditanyakan atau sekedar mengirim komentar. Silahkan meninggalkan komentar di kolom komentar.
InsyaAllah saya akan membalasnya.
Salam Ngepul ^^

Adbox