Thursday, 16 November 2017

Ayam Sriwangi (wangi nya menggoda iman)

ayam sriwangi by dapurngepul.com

Waktu pas lagi ke rumah saudara saya, saya tertarik pada salah satu masakan ayam yang terlihat menggoda sekali. Nama nya ternyata Ayam Sriwangi, entahlah darimana asal nama ayam yang satu ini, tapi yang jelas aroma khas dan rasanya menggoda saya untuk memasaknya suatu waktu. Dan beneran lho kepikiran sama ayam yang satu ini. Sampe segitunya ya saya. Hehe. Finally dapetlah resep ini dari chef yang gak asing lagi namanya, Yuda Bustara, ternyata dia juga pernah masak ayam Sriwangi ini, cuzz langsung aja kalau gitu di eksekusi ayam yang sudah menanti dari tadi di freezer.

Ternyata yang bikin wangi itu bunga kecombrang sebagai bahan dasar utama masakan ini, tapi yah mana ada yang jual kecombrang disini, nyari sereh sama daun jeruk aja mesti jauhh banget jalannya. Jadi kangen Indo kalau begini, hikz. Jadilah saya pakai sereh saja dan daun jeruknya saya banyakin supaya aroma nya tetep menggoda.

ayam sriwangi by dapurngepul.com

Akhirnya selesai juga saya masak makanan dari Melayu yang sesuatu banget rasanya. Ini salah satu masakan yang gak perlu marinasi lama2 cuma 1 jam an aja. Tapi kalo mau ditinggal semalaman di kulkas buat dimasak keeseokan harinya boleh juga. Tapi dikeluarin dari kulkas 1/2 jam sebelum digoreng ya. Rasanya enak banget. Kalau ada yang tanya kenapa saya pakai mayonaise dan tomyum paste atau pasta tomyam .. ya karena 2 bahan itu kunci enaknya ayam ini. Jadi gak ada bahan pengganti dan jangan di skip ya. Yang ada kecombrang boleh ditambahin biar makin wangi yaa. 

Bahan Utama:
10 potong sayap ayam atau bagian apa saja

Bahan Marinasi :
2 sdm saus tiram
3 sdm tepung maizena
1 telur ayam kocok lepas
1 sdt lada hitam bubuk
garam secukupnya

Bahan Pelengkap :
3 batang sereh iris tipis
7 lembar daun jeruk, buang pangkal daun dan iris halus
1 batang kecombrang (iris tipis) saya tidak pakai
3 sdm pasta tom yam (tomyum paste instant) 
5 cabai merah diiris
3 sdm mayonaise
2 sdm madu
1/2 blok kaldu ayam
5 sdm air atau secukupnya

Cara Membuat: 
1.       Cuci bersih ayam dan keringkan sampai benar-benar kering.
2.      Lumuri ayam dengan bumbu marinasi dan diamkan selama 40 menit an sampai satu jam
3.      Goreng ayam dengan minyak agak banyak sampai matang dan tiriskan. 
4.      Istirahatkan ayam goreng 5 menit, lalu goreng lagi ayam supaya crispy, angkat dan tiriskan
5.      Sementara tumis irisan sereh, kecombrang (jika ada), irisan daun jeruk, bumbu pasta tom yum, mayonaise sampai wangi.
6.      Beri sedikit saja air, madu, dan masukkan ayam goreng tadi, lumuri seluruh permukaan ayam dengan bumbu.
7.      Angkat dan sajikan.

 Selamat Menikmati :)


Yang sudah recook ditunggu foto cantiknya ya, silahkan tag atau mention ke instagram : @amaliavirshania . Happy Cooking :) 

No comments:

Post a Comment

Jika ada yang ingin ditanyakan atau sekedar mengirim komentar. Silahkan meninggalkan komentar jika berkenan.
InsyaAllah sesegera mungkin saya akan membalasnya.
Salam Ngepul ^^

Adbox