Thursday, 19 October 2017

Bahan Pengganti Bahan Masakan Jepang


Jangan ditanya berapa kali saya makan masakan Jepang dalam seminggu. Saya dan suami penggemar banget masakan Jepang. Walaupun kita berdua bukan dari sana, hehe. Hampir seminggu sekali kita nongkrong di resto Jepang favourite kita. Dan yang paling sering dipesan ya sashimi. Hayo penggememar sashimi mana suara nya? 

Tidak pernah terpikirkan untuk membuat sashimi sendiri, sampai suatu saat aku dan mas Bojo mengeluhkan hal yang sama setiap kali mampir ke resto Jepang, kok dikit ya, atau makin lama makin tipis ya sashiminya, atau kenapa harga nya naik ya? hehe. Karena pertanyaan pertanyaan itu akhirnya saya memutuskan membuat sendiri sashimi. Kirain susah ternyata gampaaang bangeeett. 

Tapi saya lagi gak mau ngebahas sashimi panjang-panjang. Lagi mau ngebahas bahan masakan temennya sashimi dan sushi yaitu soy sauce atau shoyu atau soja . Untuk sebagian orang mungkin gak masalah dengan bahan masakan Jepang yang fenomenal ini. Tapi bagi sebagian yang lainnya pastilah mencari pengganti bahan masakan Jepang yang halal dan mudah di dapat dan murah juga, hihi. Secara hampir semua bahan masakan Jepang menguras kantong, ya ngga?

Berikut adalah macam macam pengganti bahan masakan Jepang yang bisa kita aplikasikan pada masakan :

1.     Shoyu diganti dengan kecap asin
Seringkali ada pertanyaan menghampiri jika kita melihat resep masakan yang ada shoyu atau soy sauce nya, hmmm bisa diganti dengan apa ya? padahal penggantinya deket banget sama kita. Mungkin masih lekat dalam ingatan kita kecap yang menemani kita makan bubur ayam pagi-pagi, yup betul kecap asin. Kecap asin ini di nilai paling mendekati rasanya dengan shoyu. Walaupun saya sendiri lebih suka menggunakan shoyu dibanding kecap asin, karena tekstur shoyu lebih kental dibanding kecap asin. Tergantung selera ya mau pakai yang mana.



2.     Sake diganti dengan campuran jus anggur dan air jeruk lemon
   Salah satu masakan Jepang yang saya suka adalah Kinoko Gohan atau Japanese Mushroom Rice, jatuh cintaaa banget sama masakan satu ini. Rasanya butter, bawang putih dan gurihnya jamur berpadu jadi satu. Tapi begitu saya tau salah satu bahan masakan nya adalah sake, saya langsung cari resep nya dan buat sendiri di rumah, hehe. Gak susah kok cari pengganti sake, ganti aja dengan campuran jus anggur dan air jeruk lemon.


3.     Mirin dapat diganti dengan cuka beras dan gula 
       Mirin adalah salah satu jenis bahan masakan jepang yang sering dipakai hampir seluruh menu masakannya, contohnya teriyaki. Saya sendiri pernah membuat Ayam Teriyaki tanpa mirin. Hasilnya tetap enak kok. Kalaupun ingin pakai mirin, tetapi tidak memungkinkan untuk menggunakannya. Gantikan mirin dengan campuran 3 sdm cuka beras dan 1 sdm gula pasir. Hasilnya akan sama persis seperti mirin yang digunakan di restaurant restaurant Jepang pada umum nya. Cuka beras halal atau tidak? tergantung dari cara pengolahannya ya, jika pada saat pengolahan menjadi alkohol maka hukumnya tidak halal. Tetapi kalau dari fermentasi beras tanpa mengubahnya menjadi alkohol maka hukum nya halal. Wallahualam

4.     Miso paste diganti dengan ekstrak dari white bean
     Mungkin ada yang pernah menikmati hangatnya Miso soup yang dipadukan dengan dry seaweeds dan potongan tahu/tofu. Pas banget dikonsumsi pas lagi musim dingin gini. Saya sendiri suka membuatnya karena praktis dan cepat banget masaknya. Rasanya juga istimewa ditemani teh ocha hangat. Saya disini susah banget cari miso paste, karena jauh dari Asian Store. Mungkin kalau di Indonesia banyak ya. Akhirnya saya modifikasi miso paste ini dari white bean kaleng. Merk apa saja, hanya di blend sampai halus dan hasilnya 11:12 mirip miso bangeett. Ini salah satu resep saya : Sop Kepala ikan Salmon, kalau yang pernah coba Salmon Belly Soup di Sushi Tei, ya seperti itu rasanya, mirippp, yumm.. yummm...


5.     Angciu dapat diganti dengan kecap asin, jahe dan jeruk nipis
         Angciu atau yang lebih dikenal dengan arak masak atau cooking wine dalam bahasa inggris acapkali digunakan dalam berbagai jenis masakan Chinese. Biasanya angciu digunakan untuk menambah kelezatan masakan itu sendiri, tekstur dan aromanya yang khas membuat sebagian orang menyukainya. Terlebih lagi bagi yang menyukai Chinese food seperti nasi goreng, mie goreng dan lain lain. Bagi sebagian orang yang pernah merasakan, rasanya cenderung asam kecut. Saya sendiri belum tahu bagaimana rasa aslinya. Tapi menurut yang pernah merasakan angciu, angciu dapat digantikan dengan kecap asin ditambah sedikit saja jahe dan perasan air jeruk nipis. Perbandingannya 1 : 1/4 : 1.



Kira kira demikianlah adanya bahan pengganti bahan masakan Jepang, ngga susah kan? Jadi gak ada alasan lagi buat menu masakan Jepang sendiri dong di dapur, dan yang pasti ngga takut lagi gak halal. Kalau Bunda, kira-kira bahan masakan apa sih yang susah dicari penggantinya? Apalagi dengan kondisi Bunda yang jauh tinggal di negeri orang. Atau yang tinggal di daerah yang sulit sekali mencari pengganti bahan masakan tertentu?

Salam,





2 comments:

  1. Masya Allah...bermanfaat sekali infonya mba. Trimakasih. Ngomong2 sy jd pengen nyobain bikin miso pake white bean. Kyknya prnh liat di supermarket.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai mbak, maaf sebelumnya website saya sempet error comment nya baru pada bisa terbaca. Terimakasih kalau bermanfaat mbak. Miso bisa pakai white bean di blender halus. Cari yang brine in water ya bukan oil. Saya sudah mencoba nya untuk Sup Ikan Salmon dan Miso Soup. Anyway terimakasih sudah mampir :)

      Delete

Jika ada yang ingin ditanyakan atau sekedar mengirim komentar. Silahkan meninggalkan komentar di kolom komentar.
InsyaAllah saya akan membalasnya.
Salam Ngepul ^^

Adbox