Saturday, 18 November 2017

Lemon Zuchini Bread ( Gluten Free )

Lemon Zuchini Bread by dapurngepul.com

Kemarin - kemarin saya sudah menghabiskan banyak makanan yang berlemak. Sekarang saat nya sarapan sehat. Bisik saya di telinga Mas Bojo. Tapi dia malah tersenyum simpul di samping saya sambil menyeringai, hmmm paling juga cuma sehari, ungkap nya. Saya cuma tertawa, ya betul, saya mengiyakan. Tapi kan gak papa hidup kan harus balance! ya nggak..? Siapa yang mendukung saya? hehe.

Segera saya cari stock roti di kulkas, yepz abis ternyata. Ya sudahlah berdayakan apa yang ada di kulkas, ada tepung gluten free stock entah kapan, tapi belum expired kok. Dan entah kenapa malas melanda di pagi hari, malas ngulenin roti, hayahh!

Tapi ngga kehabisan ide saya tetap mau bikin roti ala-ala western yang mostly nggak pernah pakai kata ' ulen 'di setiap resep makanan sehat nya. Kalau saya bilang sih roti mereka mirip-mirip cake. hanya saja lebih sehat. Mulai deh bikin roti sehat ini. Mumpung ada stock zuchini sisa lalapan kemarin, saya jadikan ' timun bermahkota 'ini sebagai bahan dasar nya. Kenapa mesti zuchini? Aneh dong rasanya. Ahh ngga, ngga sama sekali, malahan jadi super moisttttt banget roti nya.

Pasti banyak yang sudah tau zuchini, si cantik asal italia, bentuknya seperti timun tapi kalau dikupas teksturnya beda banget, kalau timun tekstur dalamnya kan agak padat, si zuchini juga padat tapi lumer di mulut, lebih lembut lah popoknya. Ada yang bilang zuchini ini sama dengan timun jepang, tapi actualnya beda yah. Zuchini itu buah ber "mahkota"sementara timun jepang ngga.

zuchini
ada mahkota di pangkal zuchini, timun sebaliknya tidak punya mahkota.

timun jepang

Mungkin bagi sebagian orang akan bertanya dalam hati, apa iya enak roti pakai zuchini, tapi beneran deh ini enak dan moist banget, ngga kalah sama si JCC yang terlanjur membahana dimana-mana. Bisa buat sarapan atau malah jadi temen minum teh di sore hari. Sepotong ngga akan pernah cukup. Super Yummy!.
Lemon Zuchini Bread by dapurngepul.com

Bahan Utama :
2 buah zuchini ukuran sedang atau 1 buah ukuran besar

Bahan Campuran 1 :
1 1/2 cup tepung terigu gluten free (bisa ganti pakai tepung terigu serbaguna jika tidak ada)
1/2 sdt baking powder
1/2 sdt baking soda
1/2 sdt garam

Bahan Campuran 2 :
2 butir telur ayam
1 sdt vanilla essense
1/2 cup olive oil
1 cup gula pasir
2 sdm air jeruk lemon
2 sdt lemon zest (parutan kulit lemon)

Bahan glaze atau sugar icing :
1 sdm air jeruk lemon
susu cair secukupnya (kurang lebih 2 sdm)
1/2 cup gula halus

Cara Membuat: 
1.        Panaskan loyang suhu 176 C selama 30 menit sebelum masuk adonan. Kemudian olesi loyang untuk roti (loyang loaf) dengan mentega tipis dan taburi terigu
2.       Ayak terigu dan campur semua bahan campuran 1, aduk rata dan sisihkan.
3.       Campur semua bahan campuran 2 lalu aduk rata. tambahkan zucchini yang sudah diparut (kulit tidak perlu dikupas). Aduk rata menggunakan whisker. Lalu tambahkan adonan kering perlahan. Aduk rata dengan whisker pelan. Sampai semua tercampur rata
4.       Tuang adonan kedalam loyang. Konsistensi adonan emang tdk terlalu kental ya. lalu panggang di oven selama 60 menit.
5.       Setelah matang keluarkan dan tusuk dengan tusuk gigi utk tes kematangan. Dinginkan sebentar suhu ruang.
6.       Sementara buat lapisan glaze atau icing dengan mencampur semua bahan icing aduk rata. Olesi ke atas kue (pastikan kue sudah bener2 dingin ya)
7.       Sajikan bersama teh hangat sebagai menu sarapan atau cemilan sore hari.

 Selamat Menikmati :)


Yang sudah rebake ditunggu foto cantiknya ya, silahkan tag atau mention ke instagram : @dapur.ngepul . Happy Cooking :) 




No comments:

Post a Comment

Jika ada yang ingin ditanyakan atau sekedar mengirim komentar. Silahkan meninggalkan komentar jika berkenan.
InsyaAllah sesegera mungkin saya akan membalasnya.
Salam Ngepul ^^

Adbox