Sunday, 30 July 2017

Es Cendol



Sudah lama saya ngga minum es Cendol a.k.a es dawet ini. Terakhir minum itu di Mayestik ada abang abang langganan saya yang jualan es cendol enak banget. Sama dia di pake in alpukat yum.. yum.. deh pokoknya. Sebenarnya ada tape nya juga sih. Tapi sayanya yang gak mau. Abis kayanya cendol pake tape itu koq rasanya agak kurang pas ya.


Di resep ini, saya ganti dengan nangka. Kebetulan saya ada stock nangka. Yang mau pakai nangka, alpukat atau tape bebas aja. Tinggal ditambahin di atasnya sebagai topping. Enak banget rasanya minum es cendol pas musim panas begini, pake es batu yang banyakk.. segerrr..

Bahan bahan: 

Bahan cendol : 
1 bungkus agar agar nutrijel plain
4 sdm tepung tapioka
3 sdm tepung beras
pasta pandan secukupnya
450 ml air

Bahan santan :
400 ml santan kental
100 ml air
garam secukupnya
gula pasir secukupnya
4 ikat daun pandan

Bahan syrup gula merah :
350 gram gula merah/ gula palem
400 ml air
gula pasir secukupnya
4 ikat daun pandan

Cara Membuat: 
1.       Campur semua bahan cendol dalam panci dan aduk rata (api jangan dinyalakan dulu)



2.       Nyalakan api sedang lalu masak campuran bahan cendol sambil terus diaduk sampai matang dan mengental

3.      Campur semua bahan santan dalam panci lain dan aduk sampai mendidih (supaya santan tidak pecah)

4.      Campur semua bahan gula merah dan aduk rata. Biarkan sampai mengental.



5.      Masukkan bahan cendol ke dalam piping bag lalu lobangi ujung piping bag 
6.      Siapkan air es dalam mangkuk agak besar.
7.      Tuang adonan cendol dalam piping bag ke dalam air es. Lakukan sampai adonan habis.


8.      Setelah gula merah dan santan dingin sajikan bersama bahan cendol. 

Selamat menikmati.

Salam Ngepul, 


No comments:

Post a Comment

Jika ada yang ingin ditanyakan atau sekedar mengirim komentar. Silahkan meninggalkan komentar jika berkenan.
InsyaAllah sesegera mungkin saya akan membalasnya.
Salam Ngepul ^^

Adbox