Thursday, 14 December 2017

Siomay Bandung


siomay bandung by dapurngepul.com

Kalo ke bandung pasti pilihan kuliner pertama kalo ngga siomay ya batagor, rasanya koq ya ngga pengen ngelewatin cemilan yang satu ini. Lembut, sedikit kenyal di lidah. Rasanya pas banget dinikmati di sore hari, sehabis bermacet macet ria di Pasteur. Ya semenjak ada e toll di berlakukan di semua gate toll koq jadi semakin macet ya, kalau dulu yang pake e toll kan masih sedikit jadi gate nya selalu lancar hehe. 

Tapi kali ini saya lagi ngga mau nge bahas jalan tol. Biarkan saja jadi pemikiran jasa marga hehe. Saya mau bikin siomay khas Bandung aja. Jadi ngga perlu lagi bermacet macet an ria kalau cuma pengen ngemil siomay di Bandung. Dan lagi yang bikin enak kalau bikin sendiri adalah bebas ambil bumbu sebanyak banyaknya. 



Siomay saya memakai labu siam sebagai bahan utamanya, fungsinya biar lembut di mulut. Kalau ngga nemu atau ngga ada boleh di skip hasilnya ngga jauh beda koq, sama enaknya. Yang membedakan cuma tingkat kelembutannya aja. 

Bahan Siomay :
300 gram daging ikan tenggiri dihaluskan
50 gram labu siam, rebus lalu lumatkan
2 telur ayam
gula dan garam secukupnya
merica secukupnya
kaldu ayam secukupnya
5 batang daun bawang iris (bagian hijaunya saja)
120 gram tepung tapioka

Bumbu Siomay :
200 gram kacang tanah
8 siung bawang putih
4 cabai merah besar
3 cabai rawit (mau pedas silahkan ditambah)
5 sdm kecap manis
garam dan gula secukupnya
minyak goreng
air secukupnya

Cara Membuat: 
1.       Haluskan daging ikan bs menggunakan food processor atau hand blender.




2.       Dalam mangkuk campur daging ikan halus, labu siam halus, telur, garam, gula, merica, kaldu ayam, irisan daun bawang aduk sampai rata.



3.       Panaskan kukusan. Dan alasi kukusan dengan minyak tutupi baking paper dan alasi lagi dengan minyak supaya tdk lengket.
4.       Campur tepung tapioka ke dalam adonan ikan tadi. Aduk rata sebentar saja sampai tercampur rata (jangan terlalu keras dan tidak perlu sampai kalis : jika tdk ingin somay keras).

5.       Potong potong tahu bentuk segitiga lalu lobangi tengahnya dan isi dgn adonan siomay. Lebihi dikit melebihi permukaan tahu. Taruh dalam panci kukusan dgn adonan menghadap atas.
6.       Lalu ambil adonan somay menggunakan dua sendok seperti buat bakso. Dan taruh perlahan pada panci kukusan yang sudah panas.
7.       Untuk kol rendam sebentar dengan air hangat sampai lunak saja. Lalu buang pangkal yg keras setengahnya jgn sampai ujung dan lipat seperti melipat kulit martabak (digulung) lalu tusuk dgn tusuk gigi.
8.      Tutup kukusan dan kukus sampai matang.




TIPS bumbu kacang enak : blender semua bahan bumbu kacang sampai halus menggunakan minyak jangan air. Dan masak sampai mengeluarkan minyak. 


Yang sudah recook ditunggu foto cantiknya ya, silahkan tag atau mention ke instagram : @amaliavirshania . Happy Cooking :) 



2 comments:

  1. Wuihh kayaknya enak Bund... nunggu cuti br bisa bikinnya.heheee...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya... apalagi dicocol ke bumbu kacangnya makin sedepp.. Makasi ya sudah mampir.. ditunggu kabar recook Siomay nya hehee.. :)

      Delete

Jika ada yang ingin ditanyakan atau sekedar mengirim komentar. Silahkan meninggalkan komentar jika berkenan.
InsyaAllah sesegera mungkin saya akan membalasnya.
Salam Ngepul ^^

Adbox