Wednesday, 17 January 2018

Ayam Bakar Solo

ayam bakar solo by www.dapurngepul.com

Kalau makan ini saya inget makan di salah satu restaurant yang fenomenal pada waktu itu. Seriusan ini rasanya mirip bangett, kalau kata mas Bojo sih lebih enak yang ini. Setiap suami pasti muji masakan istrinya sendiri kalau ngga masakan ibunya sendiri, ya nggak? Kalau ngga nanti gak ada makan malam lagi sepulang kerja, haha. 

Yang membedakan Ayam Bakar Solo ini dengan ayam bakar lainnya adalah teksturnya yang cenderung lebih gurih, pemakaian air kelapa memberikan dampak yang cukup dominan agar ayam ini gurih sampai ke tulang. KAlau ngga ada air kelapa sebenarnya pakai air biasa juga bisa sih, tapi percayalah pakai air kelapa jauh lebih enak. Rasanya ngga pingin jauh-jauh dari nasi, duhh. 

Saya padukan ayam bakar solo ini dengan sambal terasi. Seperti biasa request mas Bojo ngga pedes, dan saya punya harus pedes, alhasil jadilah dua mangkuk sambal terasi kecil tersaji juga di meja makan. Punya mas Bojo pake tomat yang banyak, saya cabe rawit yang banyak, biar makin seuhah rasanya. 


Saya marinasi ayam bakar Solo ini semalaman, bisa aja sih sejam an di marinasi, tapi saya nggak mau repot, prepare marinasi semalem, besoknya tinggal diolah, jadi bekal buat ngantor, Lagipula kalau marinasi semaleman itu rasanya jadi makin menggigit, yummy!

Bahan Utama:
900 gram ayam potong bagian paha utuh

Bahan Marinasi (dihaluskan):
12 siung bawang merah
5 siung bawang putih
3 siung kemiri
1/2 sdt kunyit bubuk atau kunyit utuh secukupnya
garam secukupnya

Bahan Ungkep :
450 ml air kelapa asli (jangan dicampur air biasa) 
8 sdm gula merah atau 2 blok kecil gula merah 
7 sdm kecap manis
garam secukupnya

Cara Membuat: 
1.       Haluskan bumbu halus tambah garam dan marinasi ayam sampai rata semua.
2.      Tutup lalu simpan dalam kulkas bagian bawah semalaman. Marinasi satu jam jg bisa tapi percayalah lebih enak semaleman rasanya.
3.      Besoknya keluarkan ayam setengah jam dari kulkas sebelum diolah sementara panaskan panci isi air kelapa dan masukkan ayam kedalamnya. Tambahkan gula merah, kecap manis, aduk rata perlahan
4.      Ungkep ayam sampai asat. Koreksi rasa.
5.      Panaskan panggangan atau teflon dgn diolesi margarine atau butter lalu panggang ayam sambil diolesi sisa bumbu lalu sajikan.

No comments:

Post a Comment

Jika ada yang ingin ditanyakan atau sekedar mengirim komentar. Silahkan meninggalkan komentar jika berkenan.
InsyaAllah sesegera mungkin saya akan membalasnya.
Salam Ngepul ^^

Adbox