Monday 24 July 2017

Chedar Cheese Stick

resep kue kering dan cemilan by amalia virshania, www.dapurngepul.com

Bosan di rumah cemilan dah pada habis, pengen buat yang gampang gampang, tapi enak dan crunchy hehe. Ngintipin kulkas masih ada apa, ternyata masih ada keju cheddar yang belum dibuka, pas lah ini bisa bikin yang kriuk kriuk kalau dimakan. Seperti yang saya bilang, keju itu dibuat apa aja koq rasanya enak ya. Dibuat masakan, kue, atau cemilan crunchy gini bisa bikin makan tiada henti.

Ini gampang banget dibuatnya, gak perlu diulen lama juga kaya bikin roti, asal nyampur aja adonannya yang penting agak kalis, tapi gak perlu terlalu kalis. Karena kan gak perlu sampai ngembang juga bikin adonannya.

Oh ya, saya gilas adonan cheese stick ini pakai rolling pin biasa, sebenarnya punya gilingan pasta sih. Tapi koq ya lagi males masang dan bersihin nya lagi hehe. Kalau pakai rolling pin menurut saya malah lebih simple dan cepat. Tapi gilasnya benar benar tipis ya, gak enak soalnya kalau ketebelan. Jadi kurang crunchy gitu. 

Untuk keju nya bebas ya mau pakai merk apa saja, saya pakai cheddar jadi saya tambah garam sedikit, kalau ada nya cuma keju edam boleh aja sih, saya sendiri belum pernah coba. Tapi mungkin kalau pakai keju edam jangan ditambah garam lagi, karena keju edam sendiri sudah asin banget. Saya sendiri karena pakai cheddar jadi saya kasi garam, tapi saya balance sama sedikit gula biar jatuhnya gurih bukan asin.

Bahan bahan: 
2 cup tepung terigu serbaguna
1 1/2 cup tepung tapioka
4 butir telur
5 sdm unsalted butter
200 gram keju cheddar parut
1 sdt garam
1/2 sdt gula pasir

Cara Membuat: 
1.      Campur tepung terigu, tepung tapioka, garam, gula, dan aduk rata.




2.     Tambahkan telur dan aduk lagi.



3.     Tambahkan keju yang sudah diparut, dan tambahkan butter atau margarine tawar.. aduk rata.

4.     Uleni adonan sampai agak kalis.




5.     Ambil sedikit adonan, pipihkan dengan rolling pin sampai benar benar pipih. (bisa juga dengan penggiling mie tapi saya lebih suka dengan rolling pin ini 😊)


6.      Setelah benar benar pipih lalu potong potong (saya gunakan pisau biasa) seukuran cheese stick.



7.     Panaskan minyak agak banyak, setelah minyak panas masukkan cheese stick perlahan agar tidak patah. Masak hingga cheese stick matang dan garing.


6.      Setelah matang, angkat dan tiriskan, tunggu sampai benar benar dingin baru masukkan ke dalam toples.

Selamat menikmati.

Yang mau recook, silahkan tag/mention ke instagram @dapur.ngepul

Salam, 

No comments:

Post a Comment

Jika ada yang ingin ditanyakan atau sekedar mengirim komentar. Silahkan meninggalkan komentar di kolom komentar.
InsyaAllah saya akan membalasnya.
Salam Ngepul ^^

Adbox