Monday, 10 July 2017

Bahan Pengganti Bahan Masakan


Seringkali kita dihadapkan pada saat dimana kita kesulitan mencari bahan masakan, entah karena emang tidak ada di daerah kita, ataupun karena bahan masakan itu sudah habis di pasar. Saya sendiri disini seringkali tidak mendapatkan bahan masakan yang saya inginkan. Alhasil saya harus memutar otak untuk mencari bahan masakan pengganti. Lama lama saya jadi terlatih sendiri mencari bahan masakan pengganti walau awalnya karena terpaksa.

Mencari bahan masakan pengganti memang gampang gampang sulit. Selain kita harus memahami karakter dari bahan masakan yang ingin kita ganti dengan bahan masakan lain. Kita juga harus memahami apakah bahan masakan pengganti tidak akan merusak rasa dari jenis masakan yang akan kita masak, sebagai contoh santan, santan bisa digantikan dengan susu, seperti jika kita ingin memasak gulai, soto, opor dan yang lainnya. Tetapi kita tidak akan bisa mengaplikasikan susu pada jenis masakan dessert seperti es cendol, bubur sumsum, dan yang lainnya. Karena akan merusak cita rasa masakan itu sendiri. 

Berikut adalah macam macam bahan masakan pengganti yang bisa kita aplikasikan pada masakan :

1.     Susu sebagai pengganti Santan
       Seperti yang tadi saya kemukakan di atas, santan memang bisa menggantikan berbagai jenis bahan masakan tetapi tidak semua dapat kita aplikasikan pada semua masakan, hanya masakan gulai, soto dan opor lah yang sesuai jika santan diganti dengan susu.


2.     Kacang Almond sebagai pengganti kemiri
   Untuk yang tinggal di negara yang tidak ada kemirinya, kita bisa mengganti dengan almond yang teksturnya mirip sekali dengan kemiri. Saya sendiri disini terkadang memakai almond, jika stock persediaan kemiri yang saya bawa dari Jakarta sudah menipis, rasanya gak akan berpengaruh, karena kemiri sendiri berfungsi mengentalkan makanan dengan aroma khasnya. Demikian juga dengan almond, yang mirip dengan kemiri. 

ini adalah kacang almond kupas, tekstur nya mirip banget dengan kemiri kan

3.     Vinegar (cuka) dan Susu sebagai pengganti Buttermilk
         Beberapa resep masakan ada yang harus menggunakan Buttermilk, seperti pada ayam goreng KFC, efek buttermilk sendiri memberikan efek rasa yang lebih creamy dan gurih, jika ayam tidak dimarinasi dengan buttermilk, bisa saja, tapi tekstur daging ayam akan cenderung kering dan tidak juicy. Karena buttermilk yang susah didapat bagi sebagian orang, buttermilk bisa diganti dengan campuran susu dengan white vinegar (cuka putih). Perbandingan susu dan cuka adalah 4:1  aduk merata dan tunggu selama 5 sampai 10 menit sampai susu mengental menjadi buttermilk homemade.


4.     Jus apel sebagai pengganti white wine
     Kadangkala kita menemukan resep masakan yang harus menggunakan white wine sebagai bahan utama nya. Tapi bagi sebagian orang yang tidak bisa mengkomsumsi wine, bisa menggantinya dengan jus apel. Perbandingannya sama 1:1 karena tekstur, aroma dan rasanya hampir mirip satu sama lain.

3.     Jus Cranberry atau Jus Anggur Merah sebagai pengganti red wine

        Aroma yang khas pada red wine bisa kita ganti dengan aroma dari jus cranberry, atau jus anggur merah, yang bisa kita temui dengan mudah di supermarket. Dengan memakan bahan pengganti dari red wine ini tidak akan merubah rasa masakan yang kita buat, aroma yang dihasilkan nya juga akan sama persis.






No comments:

Post a Comment

Jika ada yang ingin ditanyakan atau sekedar mengirim komentar. Silahkan meninggalkan komentar jika berkenan.
InsyaAllah sesegera mungkin saya akan membalasnya.
Salam Ngepul ^^

Adbox