Tuesday 4 July 2017

Ayam Pandan Thai ( Thai Pandan Chicken)


Masih tema memasak ayam kali ini, mumpung masih ada ayam fillet di kulkas, bikin ayam pandan ah. Sebenarnya saya mau jujur, bukan menu inilah yang ingin saya masak, saya sudah lama mengincar ayam pandannya Aceh. Tapi entah kenapa saya seketika berpaling gara gara Mas Bojo mngajak saya minggu kemarin makan di restaurant temannya beliau yang orang asli Thailand, satu menu nya yang nggak bisa saya lupain, ada ayam pandan versi Thailand, kalau bahasa Thailandnya Gar Hoi Bai Toey. Alhasil hati ini dilema memutuskan ayam pandan mana yang ingin saya masak. 

Yup akhirnya setelah bergelut dengan batin sendiri, eh apa sih. Diri saya memutuskan saya akan mengeksekusi ayamnya ke Thailand, eh ke dapur saya. Masa sih saya nggak bisa masak ayam Pandan Thailand kesukaannya mas Bojo. Hmm padahal sih niat saya bukan itu, tapi lebih ke arah saving money, yupss, bener kalau emang bisa buat sendiri besok besok uang makan diluar bisa dibuat beli baking pan atau apalah, hehe. 

Lanjut ke ayam pandan Thailand ini, atau Thai Pandan Chicken, saya mau cerita sedikit, sebenarnya masaknya gampang tapi kesulitan terbesear saya adalah saat membungkus ayam nya dengan si pandan, alamak susah nian, sampai pegel, ada juga yang daun nya robek karena saya lupa arah lipatnya alhasil diulang ulang dan kresss, sobek lah daun pandan yang belinya gak banyak ini, aduh.

ini cara lipat nya, mirip lipat ketupat cuma versi kecilnya. 

Tapi tenang, buat nanti yang mau bikin sebenarnya ada cara mudahnya koq, ayamnya bisa digulung gitu aja kaya lemper, trus di tusuk pakai tusuk gigi, lebih simple, tapi jangan banyak banyak ya isi ayamnya, 2 atau 3 potong aja, kalau ngga keluar nanti pas di goreng. jadinya ayam goreng nanti bukan ayam pandan, hehe. 

Bahan bahan: 
400 gram ayam fillet (saya pakai bagian paha supaya lebih juicy)


Bahan Utama: 
2 sdm minyak ikan
2 sdm soy sauce kikkoman
1 sdm kecap manis
2 sdm brown sugar
1 sdm jahe
2 sdm bawang putih halus
1 sdm minyak wijen
1/2 sdt garam
1/2 sdt merica
1 batang serai iris halus
4 sdm santan kental

Bahan Pelengkap: 
Daun pandan, pilih yang daunnya agak lebar
Minyak goreng secukupnya.

Cara Membuat: 
1.    Cuci bersih ayam, keringkan dan potong seukuran dadu.
2.    Marinasi ayam dengan semua bahan utama, aduk rata dan simpan selama 2 jam di dalam kulkas.



3.    Keluarkan ayam, dan siapkan daun pandan bersih, lalu mulai membungkus ayam dengan bantuan sendok kecil. Lakukan sampai ayam habis, jangan terlalu banyak isian ayamnya.



4.    Panaskan minyak agak banyak, setelah panas goreng ayam, jangan ditumpuk, pastikan ayam matang balik sekali saja.



5.    Setelah matang, angkat dan tiriskan, lalu sajikan dengan saus yang anda suka. Saya memakai chilli garlic oil (tumis bawang putih halus, soy sauce, chilli flakes/cabai bubuk, dengan sedikit minyak)



Ayam pandan Thailand siap disajikan. Selamat menikmati.

Oh ya, di bawah ini hasil yang sudah recook.
Yang mau recook, silahkan tag/mention ke instagram @dapur.ngepul

Salam, 





No comments:

Post a Comment

Jika ada yang ingin ditanyakan atau sekedar mengirim komentar. Silahkan meninggalkan komentar di kolom komentar.
InsyaAllah saya akan membalasnya.
Salam Ngepul ^^

Adbox