Thursday, 7 May 2020

Udang Masak Asam Manis

Untuk menghabiskan waktu di Bulan Puasa, biasanya saya penuhi waktu dengan update blog saya ini yang sudah cukup lama gak aktif. Maafkan ya, saya belakangan sibuk sekali karena mengurus ini itu. Ada saja urusan gak selesai-selesai. Apalagi kemarin saya baru pulang cuti ke Indonesia jadi masih sibuk beberes semua perbekalan dari Indonesia. Maklum gak sering-sering pulang ke Indonesia, tapi sekali pulang bawaan bahan-bahan masakan banyak sekali. Ada saja yang saya bawa dari Indonesia. Disini banyak yang tidak tersedia. Jadi saya harus bawa bahan-bahan masakan dari Indonesia yang ngga tersedia disini. Contohnya kencur dan temu kunci. Repot tapi menyenangkan ketika hunting bahan-bahan masakan di negara kita untuk dibawa ke negara lain. Kalau sereh, daun jeruk disini ada yang jual, tapi ya itu ngga setiap saat juga ada. Kadang-kadang habis, kalau habis ya sudah saya skip. Toh, sereh dan daun jeruk hanya menambah aroma masakan, bukan bahan yang wajib.

Oh ya, gimana puasa nya? di sini lagi panas terik banget cuacanya. Maghrib di sini juga cukup lama, baru maghrib jam 7 malam. Beda waktu di sini dengan Indonesia 3 jam, jadi kalau disini jam 7 malam, di Indonesia sudah jam 10 malam. Tapi Alhamdulilah kita masih bisa berpuasa di bulan Ramadhan ini. Walaupun kita harus berpuasa di tengah pandemi virus Corona. Kita doakan saja, semoga virus Corona segera berakhir. Aamiin.

Menu sahur kali ini saya masak yang simple simple saja. Saya pilih udang karena udang cenderung praktis masaknya. Yang namanya sahur saya pengennya yang praktis-praktis aja. Udangnya biasanya saya bersihkan malam sebelumnya biar mempermudah dan mempercepat proses memasaknya. Untuk bumbu halus juga saya pakai bumbu dasar putih yang sudah saya haluskan sebelumnya. Kapan-kapan akan saya share ya resep bumbu putih ala saya.

Udang asam manis ini masaknya sangat cepat sekali dan sangat praktis. Jangan lama-lama ya, pastikan bumbunya matang sempurna dulu baru terakhir udang dimasukkan. Jika dimasukkan di awal udang akan keras. Jadi memasaknya hanya sampai matang saja ya. Dan untuk pemakaian air jangan terlalu banyak, secukupnya saja, agar kuahnya kental dan rasanya tetep yummy. 

Bahan - Bahan :
500 gram udang ukuran agak besar

Bumbu halus : 
10 siung bawang merah
6 siung bawang putih 
3 siung kemiri

Bumbu Pelengkap : 
1/2 siung bawang bombay cacah dadu kecil2
2 sdm kecap/minyak ikan
4 sdm kecap manis
3sdm saus tiram
1 sdm saus tomat
2 sdm saus sambal
1 butir telur ayam
garam, gula, merica, kaldu ayam/jamur secukupnya
air secukupnya
3 sdm air perasan jeruk nipis


Cara Membuat :

1. Tumis bumbu halus sampai wangi.
udang asam manis


2. Masukkan bawang bombay cacah, tumis lagi sebentar sampai bawang bombay sedikit layu.
udang asam manis

3. Tambahkan kecap manis, saus tiram, semua saus, kecap ikan, kaldu, gula, garam dan merica. Aduk rata dan tambahkan air secukupnya.
udang asam manis

4. Tambahkan udang, masak sampai udang berubah warna, tapi jangan terlalu lama nanti udang akan terasa alot.

udang asam manis

5. Tambahkan telur yang sudah dikocok sebelumnya. Kocok cepat telur dalam kuah supaya telur tidak menggumpal.

dapurngepul.com

6. Tambahkan irisan daun bawang, perasan air jeruk nipis/lemon. Masak sebentar saja. Koreksi rasa. Sajikan.
dapurngepul.com




Demikian resep Udang asam manis ala saya, bagi yang sudah recook, silahkan tag ke instagram @dapur.ngepul.

Selamat mencoba.

Salam,

No comments:

Post a comment

Jika ada yang ingin ditanyakan atau sekedar mengirim komentar. Silahkan meninggalkan komentar di kolom komentar.
InsyaAllah saya akan membalasnya.
Salam Ngepul ^^

Adbox