Sunday, 17 May 2020

Rib Eye Steak with Mushroom Gravy Sauce

Steak Rib Eye with Mushroom Gravy sauce


Sejak saya bisa masak steak sendiri, saya tidak pernah lagi makan steak di restaurant. Di sini maksudnya, karena harga steak disini lumayan mahal, sepiring steak import berkisar 2 sampai 3 juta, lebih baik saya beli daging sendiri, masak sendiri. Selain lebih terjangkau, terkadang saya suka kecewa jika memesan steak, tapi kematangan daging steak nya tidak sesuai dengan yang saya inginkan. Saya lebih menyukai tingkat kematangan "medium rare". Menurut saya tingkat kematangan itu sangat pas bagi sepotong daging wagyu rib eye. 

Oh ya, kenapa saya pilih rib eye? Karena menurut saya bagian ini adalah bagian ter "the best" dari daging, selain karena teksturnya yang lembut, cenderung moist jika dimasak, selain itu juga rib eye memiliki marble yang cukup banyak, rib eye juga harganya sedikit lebih murah dibanding dengan T-bone (bagian daging favourite saya lainnya). Pilihlah daging bagian import untuk mempertahankan kelembutannya ketika dimakan. Bukan saya bilang daging lokal tidak baik, saya sendiri masih kok menggunakan daging sapi lokal. Tapi fungsi nya buat apa dulu. Kalau untuk steak, saya cenderung memilih yang import. Kalau untuk rendang, semur yang dimasak agak lama saya cenderung lebih menyukai daging sapi lokal.


Oh ya, sekedar selingan, Sebelumnya saya pernah masak Daging Iga Panggang, bisa klik resep ini : BBQ Beef Back Ribs, a.k.a daging iga bakar. Yang gak kalah lezatnya dengan menu steak rib eye yang satu ini. Dua dua nya bisa jadi resep istimewa di hari spesial atau bisa juga buat menu buka puasa.

Balik lagi ke steak rib eye ini, pilihlah pan atau wajan teflon atau cast iron skillet yang berwarna hitam untuk menghasilkan flavour yang spesial. Untuk yang sudah pro, bisa juga pakai stainless steel pan atau wajan stainless, jangan lupa pastikan wajan benar-benar panas ya, karena kunci dari steak istimewa adalah efek char grill di steak nya, atau kalau kita bilang "efek sedikit gosong"di atas dagingnya. Bukan gosong beneran ya. Karena rumus steak istimewa adalah "No Colour No Flavour". Jadi setelah nyalakan api tunggu dulu sampai wajan benar-benar panas baru masukkan daging lalu di basting (dilumuri) dengan butter dan jangan dibolak balik. Balik setelah 2 menit untuk kematangan rare. Dan 2-3 menit untuk tingkat kematangan medium rare, 5-6 menit setiap sisi untuk tingkat kematangan well done. 

Dan untuk sausnya saya buat sendiri. Kenapa saya pilih krim kental atau heavy cream untuk pemakaian sausnya karena ya emang lebih yummy. Jika tidak punya bisa diganti dengan pemakaian tepung terigu yang diaduk cepat biar tidak menggumpal. Bisa juga digantikan dengan susu cair Full Fat. Pilih yang Full Fat ya. Supaya rasanya tidak jauh berbeda dengan pemakaian krim kental yang saya gunakan.

Bahan Steak: 
2 potong daging sapi wagyu import bagian Rib Eye
lada hitam dan garam secukupnya
1 sdm olive oil

Bahan Untuk memanggang steak :
1 batang rosemary segar atau bisa juga 1 sdt rosemary kering (wajib pakai)
5 sdm butter boleh salted atau unsalted, saya pakai yg salted
4 siung bawang putih digeprek

Bahan Sayur: 
 50 gram brokoli
2 kentang potong-potong agak besar
50 gram jamur kancing atau shitake potong/iris menjadi dua bagian
4 siung bawang putih utuh

Bahan Mushroom Creamy Sauce :
3 siung bawang putih haluskan
2 sdm butter
60 gram jamur kancing atau shitake iris2
100 gram krim kental (heavy cream)
1 sdm saus tiram
1 sdm kecap manis
air sedikit saja
1/2 sdt lada hitam
gula secukupnya
kaldu jamur secukupnya

Cara Membuat: 

1.       Potong2 brokoli, jamur, dan kentang. Untuk kentang kulitnya biarin aja (cuci bersih dulu semua dan keringkan ya) beri olive oil secukupnya taburi garam, lada hitam aduk sampai rata. Lalu panggang di oven sampai matang. Kentang lebih lama ya manggangnya. Sesuaikan oven masing2.

dapurngepul.com

dapurngepul.com   dapurngepul.com

2.      Keluarkan daging rib eye dr kulkas diamkan di suhu ruang sampai siap dimasak. Marinasi dgn 1 sdm olive oil, garam dan lada hitam sebentar saja. Lalu panaskan panggangan yg sdh dioles margarine sampai benar2 panas.

dapurngepul.com

3.      Setelah panggangan benar2 panas. Sampai mengeluarkan asap. (pastiin bener2 panas ya) segera panggang daging. Saat daging masuk langsing tambah 3 sdm margarine atau butter. Lalu beri 1 batang rosemary segar. Bila tidak ada yg segar bisa pakai rosemary kering 1 sdt.
dapurngepul.com

4.      Tambahkan lg 2 sdm butter dan bawang putih 4 siung digeprek. Panggang steak 2 sampai 3 menit setiap sisinya utk medium rare. 5 sampai 6 menit setiap sisinya utk well done. Semua tergantung ketebalan daging ya. Steak tidak perlu terlalu sering dibolak balik. Hanya balik setelah 3 menitan jika mau medium rare. Api tetap besar selama memanggang.

dapurngepul.com

5.      Resting atau istirahatkan steak 10 menit sebelum disajikan. Faktor ini penting supaya steak tetap moist dan empuk.
dapurngepul.com

6.     Buat creamy mushroom sauce : masukkan olive oil, bawang putih iris tumis sampai harum.Tambahkan krim kental, saus tiram, sedikit kecap, lada hitam, sedikit garam, dan aduk rata dan tambahkan sisa minyak bekas daging tadi.Tuang saus di atas daging tadi.

 Selamat Menikmati :)

Oh ya, di bawah ini hasil yang sudah recook.
Yang mau recook, silahkan tag/mention ke instagram @dapur.ngepul

Salam, 


dapurngepul.com

recook steak rib eye

No comments:

Post a comment

Jika ada yang ingin ditanyakan atau sekedar mengirim komentar. Silahkan meninggalkan komentar di kolom komentar.
InsyaAllah saya akan membalasnya.
Salam Ngepul ^^

Adbox