Wednesday, 16 August 2017

Morrocan Chicken ( Ayam Panggang ala Maroko)


Dulu semasih bekerja sebagai Flight Attendant di Middle East, salah satu teman saya adalah orang Maroko, dia sempat mengajak saya makan di compound nya, a.k.a apartmentnya. Waktu itu dia sudah suka memasak di sela sela kesibukannya terbang, saya waktu masih on duty siy cuma sesekali memasak. Selebihnya beli di restaurant dekat compound, abis capek pulang terbang hehe. 

Dia menawarkan sup khas Maroko yang identik dengan tomat, entah kenapa masakan Maroko itu identik dengan rempah rempah dan harus ada tomat nya. Jadi lebih cenderung ada rasa asamnya. Supnya juga jadi creamy karena banyak tomat nya. Sementara saya harus mengurangi tomat karena alergi yang saya derita. Tapi mau nolak masakannya ngga mungkin, nanti tersinggung dipikir saya tidak suka masakannya.


Alhasil mata saya tertuju pada salah satu masakan yang berbahan dasar ayam, bumbu nya terlihat menggoda iman saya yang sudah lapar sejak tadi. Akhirnya jadilah satu potong ayam dan semangkuk kecil sup mengisi kekosongan perut saya siang itu. Terinspirasi dari teman saya yang ahli masakan Maroko, saya akhirnya memberanikan diri membuat salah satu masakannya. Dan alhadulilah Mas Bojo dirumah doyan banget sama ayam yang satu ini. 

Saya agak banyakin bumbunya, kalau saya masak bumbunya harus ekstra biar bisa di jilat jilatin hehe, alhasil nasi di rumah harus dimasak ekstra sepertinya. Sebenarnya resep aslinya ayam kalkun atau turkey satu ekor, tapi karena saya tinggal hanya berdua dengan suami jadi saya hanya masak beberapa potong saja cukup untuk kami berdua.

Bahan dasar: 
5 potong ayam bagian apa saja 

Bahan Campuran I: 
1 sdm garlic powder (bawang putih bubuk)
1 sdmbubuk paprika
1 sdm jinten bubuk
1 sdm ketumbar bubuk
garam secukupnya
5 sdm olive oil

Cara Membuat: 
1.       Cuci bersih ayam dan keringkan dengan paper towel
2.      Campur semua bumbu marinasi dan aduk rata.
3.      Berikan olive oil 4 sdm dan aduk lagi rata.
4.      Olesi ayam dengan bumbu sampai merata.
5.      Simpan di dalam plastik/zip lock bag. Lalu simpan di kulkas selama 2 jam an.
6.      Keluarkan ayam 1/2 jam sebelum diolah, dan mulai panaskan oven suhu 185 C.
7.      Panggang ayam pada oven 185 C selama 30-40 menit atau sampai matang (sampai suhu dalam badan ayam 160 C, jika menggunakan termometer daging)
8.      Sajikan. Selamat menikmati :)

No comments:

Post a Comment

Jika ada yang ingin ditanyakan atau sekedar mengirim komentar. Silahkan meninggalkan komentar jika berkenan.
InsyaAllah sesegera mungkin saya akan membalasnya.
Salam Ngepul ^^

Adbox