Thursday, 28 September 2017

Banana Cake with Lemon Cheese Frosting (Bolu Pisang)


Kalau beli pisang saya suka kalap beli kebanyakan, perasaan saya sih sudah makan sering-sering tapi entah kenapa pasti masih sisa di kulkas. Abis enak sih buah yang satu ini. Saya suka nya pisang yang di dingin in dulu di kulkas kalau nggak jadi gak suka hehe. Apa ada yang seperti saya.

Saya pakai pisang Chiquita dari Filipina untuk resep bolu pisang ini. Tapi pakai pisang apapun oke. Asalkan pisangnya harus benar-benar matang ya. Kalau ngga hasilnya agak kurang oke. Kalaupun belum matang biasanya saya diamkan dulu di kulkas atau suhu ruangan sampai matang, tandanya ada bintik-bintik hitam di kulitnya.


dapurngepul.com


Pisang saya haluskan dengan cara di blender. Soalnya saya lebih suka pisangnya menyatu dengan adonan. Tapi kalo mau ada serat-serat pisang nya boleh dihancurkan pakai garpu saja ya sampai halus. Tergantung selera aja lebih suka yang mana.

Sebelumnya jangan lupa panasin oven dulu 180 derajat celcius sembari menyiapkan semua bahan-bahan yang akan di buat nanti.

Bahan Campuran 1 :
2 buah pisang sangat matang ukuran standard haluskan dengan garpu.
Buttermilk (60 ml susu + 2 sdm lemon, aduk rata)
1 sdt vanilla essense

Bahan kering : 
190 gram tepung terigu serbaguna
1 1/2 sdt baking powder
1 sdt baking soda
1/4 sdt garam

Bahan Pelengkap : 
1 butir telur ayam utuh
135 gram butter cairkan tapi jgn mendidih
150 gram gula pasir (di sesuaikan dengan selera aja ya)

Lemon Cheese Frosting :
225 gram Cream cheese
110 gram Butter
300 gram Gula halus (sesuai selera ya)
1 sdm Air lemon
1 sdm Kulit lemon diparut
1 sdt Vanilla essense

Note :
Mulai panaskan oven pada suhu 170 C dan siapkan loyang segiempat yang sudah dialasi dengan kertas roti/baking paper.

Cara Membuat: 
1.       Haluskan pisang lalu campur dengan buttermilk dan vanilla essense (aduk rata dan sisihkan)
2.       Mixer semua telur lalu berikan gula pasir secara bertahap, mixer sampai adonan berwarna kuning pucat dan mengembang sempurna. Kira kira 7 menitan.
3.       Matikan mixer lalu tambahkan adonan pisang aduk dengan spatula sampai rata.
4.       Kemudian tambahkan campuran bahan kering (terigu dan garam) yang sudah diayak sebelumnya secara bertahap dengan tehnik aduk balik menggunakan spatula.
5.       Masukkan butter dan aduk lagi perlahan lalu tuang ke dalam loyang.
6.       Panggang di suhu 170 derajat celcius sampai matang (masing-masing oven akan beda suhu nya)
7.       Dinginkan kue di suhu ruangan sampai benar benar dingin sekitar 30-40 menitan
8.       Sementara buat Lemon Cheese Frosting dengan mencampur semua bahan Lemon Cheese Frosting dan mixer dengan kecepatan tinggi sampai mencapai kekentalan pas. Baru olesi dengan Lemon Cheese Frosting pada lapisan atas kue.

Selamat Menikmati :)

No comments:

Post a Comment

Jika ada yang ingin ditanyakan atau sekedar mengirim komentar. Silahkan meninggalkan komentar jika berkenan.
InsyaAllah sesegera mungkin saya akan membalasnya.
Salam Ngepul ^^

Adbox