Saturday 9 September 2017

Beef Teriyaki (Ala Hokben)


Saya lupa sudah berapa lama saya tidak makan beef teriyaki nya Hokben. Sepertinya saat pulang ke Indonesia tahun lalu pun, lagi lagi saya lupa mampir ke restaurant itu. Bukannya gak suka, saya malah suka banget sama semua menunya Hokben termasuk Beef Teriyaki nya. Tapi karena kebanyakan list makan ini itu, jadi gak keturutan semuanya. Begini lah nasib di rantau. Pasti begitu pulang ada sederet nama nama restaurant atau rumah makan yang ingin saya kunjungi. 

Jadi inget waktu makan hokben saya gak pernah pesan selain menu Paket Bento Spesial 4. Karena ada Beef Teriyaki nya, wkwk. Tapi apalah daya demi memenuhi keinginan hati yang kangen Beef Teriyaki nya Hokben dan gak mungkin pulamg seketika karena pengen makan disana. Mahal an harga tiketnya nanti. Jadilah saya nguprek nguprek dapur sendiri. Berbekal dengan paprika hijau yang untungnya masih nyisa 1 biji di kulkas. 



Kalau sebelumnya saya pernah masak Teriyaki Chicken Wings, yang sausnya memakai bumbu racikan saya sendiri, kali ini saus Beef Teriyaki yang saya buat adalah asli buatan Kikkoman, hehe. Selain karena buat sarapan pagi, maunya yang praktis tapi tetep enak dan sengaja pakai saus teriyaki Kikkoman karena paling mirip sebelas dua belas sama Beef Teriyakinya restaurant terkemuka itu. 

Bahan Marinasi :
300 gram daging sapi fillet (saya pakai new zealand striploin)
1 sdt bawang putih bubuk / (3 siung bawang putih haluskan)
lada hitam dan garam secukupnya

Bahan Saus Teriyaki :
3 siung bawang putih haluskan
1 buah paprika besar warna hijau iris memanjang
1/2 siung bawang bombay iris memanjang
3 sdm saus teriyaki kikkoman
1 sdm gula pasir
1/2 sdt merica bubuk
garam secukupnya

Bahan Pelengkap :
Minyak goreng secukupnya
4 sdm margarine/mentega tawar

Cara Membuat: 
1.      Cuci bersih daging sapi dan keringkan sampai benar benar kering
2.      Campur daging dengan bumbu marinasi dan aduk rata.
3.      Dengan 2 sdm margarine dan sedikit minyak goreng daging sebentar saja hanya sampai berubah warna laku angkat dan sisihkan.
4.       Di bekas penggorengan daging tadi tambahkan margarine dan minyak goreng dengan jumlah yang sama lalu tumis irisan bawang bombay, bawang putih halus dan irisan paprika hijau sampai wangi.
6.       Tambahkan saus teriyaki, air, dan aduk rata. Lalu masukkan daging dan diamkan sampai kuah mengental dan daging empuk.
7.       Angkat dan sajikan dengan irisan wortel, kol dan mayonaise supaya lebih mirip hokben :) .

Yang mau recook, silahkan tag/mention ke instagram @dapur.ngepul

Salam, 

No comments:

Post a Comment

Jika ada yang ingin ditanyakan atau sekedar mengirim komentar. Silahkan meninggalkan komentar di kolom komentar.
InsyaAllah saya akan membalasnya.
Salam Ngepul ^^

Adbox