Friday, 16 June 2017

Opor Ayam


Masakan opor ayam ini biasanya ada dua versi, versi yang warna putih atau kuning. Saya sendiri lebih suka yang ada warnanya. Lebih menarik aja, dan lebihcantik. Tapi kalo ada yang lebih suka sama opor ayam putih, gampang koq tinggal hilangin aja kunyitnya. Jadi deh si opor ayam putih. 

Kalau saya makan opor ayam saya lebih suka dengan potongan lontong atau ketupat, tapi kalau ada yang lebih suka pakai nasi ya boleh juga. Entah kenapa saya lebih suka pakai lontong, takut gemuk? hehe ya ngga lah kalori nya sama sama aja. Sama sama bikin melar badan haha. Tapi gpp ya kan sekali sekali makan yang bersantan.



Oh ya. Saya suatu waktu pernah juga lho saya ganti santannya dengan susu. Sama enaknya. Pertama saya juga trial and error kalo gak enak ya sudah. Tapi ternyata lebih enak pakai susu. Mas Bojo juga gak ngeh tuh kalau saya ganti susu. Hehe. Tapi yang ini saya buat versi santannya ya. Hayo, jadi pilih santan atau susu? :) 

Bahan bahan: 
8 potong ayam (saya bagian paha atas)

Bumbu halus: 
9 siung bawang merah
4 siung bawang putih
3 butir kemiri
1 cm jahe
1 sdt kunyit bubuk
1 sdt ketumbar bubuk
1 sdt jinten

Bumbu pelengkap: 
1 batang serai
3 lembar daun jeruk
1 blok kaldu ayam maggy
Garam dan gula secukupnya
Lada hitam secukupnya
1/2 cup santan kental 
air secukupnya

Cara Membuat: 
1.    Cuci bersih ayam dan tiriskan.
2.    Tumis bumbu halus, tambahkan serai, daun jeruk dan semua bahan pelengkap sampai harum.



3.    Tambahkan ayam ke dalam tumisan bumbu, lalu masak sampai ayam berubah warna.



4.    Lalu tambahkan santan dan aduk sampai mendidih supaya santan tidak pecah, setelah mendidih tidak perlu diaduk lagi.




5.    Masak sampai terlihat lapisan minyak di atasnya, tanda opor ayam sudah matang.


5.    Matikan api, dan taburi dengan bawang goreng. Opor ayam siap untuk disajikan :)

No comments:

Post a Comment

Jika ada yang ingin ditanyakan atau sekedar mengirim komentar. Silahkan meninggalkan komentar jika berkenan.
InsyaAllah sesegera mungkin saya akan membalasnya.
Salam Ngepul ^^

Adbox