Thursday 8 June 2017

Lontong Ayam Istimewa








Puasa di negeri orang, jadi hal yang istimewa buat saya. Selain waktu sahur yang lebih cepat dan waktu berbuka yang lebih lama dari kota kelahiran , huaaa. Membuat saya terkadang kangen sama masakan Indonesia. Tapi semua harus saya buat sendiri. Kalau sewa si mbak disini mahal buanget. Mendingan uang nya di simpan buat beli bahan masakan hehe. 

Dan lagi disini apa apa mesti dibuat dari dasar, seperti saat saya mau buat lontong sayur ini saya harus berjuang buat lontong sendiri, buat bawang goreng sendiri, kalo dulu pas di jakarta kan tinggal cari yang jadi di pasar. Saya juga buat ebi sendiri, eh, engga deng kalo ebi saya gak bisa bikin sendiri, ya kali, hehe.

Tapi berhubung disini jarang jarang bisa dapet daun pisang, atau kulit ketupat, saya buat lontongnya di rice cooker, eh jangan salah, ini adalah cara paling cepet buat lontong, dan cara terpraktis buat ibu ibu yang males seperti saya, wkwk. Rasanya sama aja kaya lontong sebenarnya, malah lontong rice cooker ini lebih putih karena gak pakai si daun pisang.








Bahan Lontong: 

2 cup beras
Dengan catatan : air 3 x nya beras (dengan cup yang sama)

Bumbu Halus: 

9 siung bawang merah
4 siung bawang putih
2 cabai merah besar
2 cabai rawit
2 kemiri
1 sdm ketumbar bubuk
1 cm jahe
1 sdm ebi

Bahan Pelengkap: 


2 potong ayam, cuci bersih dan keringkan
2 telur, rebus matang  dan kupas kulitnya
1 batang serai
3 lembar daun jeruk
1/2 blok kaldu ayam maggy
1 buah labu siam iris memanjang
500 ml air
1/4 cup santan kental
guila, garam, secukupnya
1/4 sdt lada hitam bubuk
minyak goreng secukupnya


Cara Membuat: 


1.    Cuci bersih beras, isi air dan masak di rice cooker seperti biasa.

2.    Setelah matang diamkan pada tombol war selama 30 menit, aduk perlahan dan pindahkan ke tupperware yang sudah dialasi plastik foodgrade. pipihkan dengan bantuan sendok makan dan diamkan pada suhu ruangan agar dingin.

3.    Setelah lontong dingin baru masukkan di dalam kulkas bagian bawah biarkan set selama kurang lebih 2 jam

4.    Haluskan semua bahan bumbu halus, dan tumis dengan sedikit minyak tambahkan serai, daun jeruk, dan kaldu ayam, aduk perlahan sampai wangi








5.    Tambahkan irisan labu, aduk sebentar tambahkan air, gula, lada hitam bubuk dan garam, tambahkan santan dan aduk supaya tidak pecah santannya, lalu diamkan 5 menitan.











6.    Tambahkan ayam, diamkan sampai ayam berubah warna baru masukan telur dan aduk pelan, diamkan sampai kuah matang ( tandanya minyak keluar dari kuahnya) , jangan lupa koreksi rasa.



7.    Matikan api, dan sajikan dengan potongan lontong, bawang goreng, sambal dan kerupuk jika ada.

Salam Ngepul, 





No comments:

Post a Comment

Jika ada yang ingin ditanyakan atau sekedar mengirim komentar. Silahkan meninggalkan komentar di kolom komentar.
InsyaAllah saya akan membalasnya.
Salam Ngepul ^^

Adbox