Sunday, 25 June 2017

Pizza Margherita (Margherita Pizza)


Tunjuk tangan yang lebih suka makan pizza daripada nasi? eh pada lebih suka nasi ya, hehe. Kalau saya jujur saya lebih suka pizza, secara banyak kejunya. Tapi, sayang saya gak boleh sering sering juga,  saya intolerance sama keju yang terlalu banyak, pernah saya makan keju kebanyakan besoknya jerawat nimbul banyak banget di badan. Lho kok di badan, iya mungkin karena keju banyak mengandung lemak kali ya. Tapi koq ya rasanya itu bikin saya gak rela berbagi dengan yang lain, kalo gak inget kesehatan, mungkin saya udah kalap makan keju sendirian. Hehe.


Nah kali ini si keju ini mau saya buat pizza, berhubung masih ada sisa mozarella di kulkas, saya beli yang instan, walaupun ada sebagian orang yang bikin dari scratch. saya beli aja deh. Nanti kalau bikin dari awal, saya makan pizza nya kelamaan, bisa baru besok atau lusa makannya, haduh udah gak sabar.




Namanya cantik ya Margherita kaya pemain telenovela-telenovela itu, kenapa gak Margarita, pasti ada yang nanya itu sama saya dalam hatinya. Iya bener , dulu saya pikir namanya Pizza Margarita, begitu pertama kali liat di buku menu, lho kok namanya Margherita, apa ini salah tulis ya buku menu nya. Mau nanya malu, nanti kalau emang bukan salah tulis mau taruh dimana wajah saya. Dasar emang saya paling gak mau dibilang gak tau, padahal emang gak tau, hehe.


Berlanjutlah ke kepoan saya kepada perang nama antara Margarita atau Margherita, akhirnya saya menemukan jawabannya pada Mbah Google, si mbah ini selalu memberikan jawaban yang saya inginkan dengan cepat, eh tergantung signal hape juga kali ya, lagi deket BTS atau nggak saya nya. 



Yup, exactly namanya emang Margherita, bukan Margharita. Kalau Margarita itu buat nama minuman , lain halnya dengan Margherita yang merupakan nama makanan jenis pizza yang bahan utamanya basil, keju dan tomat. Si Margherita ini bukan cuma cantik namanya, tapi rasanya juga, yummy!






Bahan bahan: 

1 1/2 cup tepung terigu serbaguna
1/2 cup air hangat
1/2 sdt ragi aktif (dry yeast)
2 sdm minyak goreng


Bahan topping: 
62 sdm marinara sauce (saus pizza instant)
3 lembar keju cheddar (cari yang easy melted)
3 lembar keju mozarella
50 gram daun basil
2 daging sapi untuk burger
1 sdm garlic bread powder (bisa di skip jika tidak ada)
1 sdm bubuk oregano

Ini topping yang saya pakai, kalau ada yang mau ganti topping pizza nya dengan yang lain, tapi tentu saja namanya ganti bukan Pizza Margherita lagi, hehe. Saya pakai daging burger, yang mau pakai daging giling silahkan saja.




Cara Membuat: 
1.    Buat adonan pizza caranya campur tragi dengan air hangat (jangan air panas ya), aduk sebentar lalu diamkan 10 menit, ragi akan mulai membentuk bubble bubble atau gelembung udara sebagai tanda ragi aktif.
2.    Campur tepung terigu, minyak goreng dan campuran ragi yang sudah dikembangkan tadi. Lalu uleni sampai benar benar kalis dan bentuk bulat.
3.    Alasi wadah adonan dengan sedikit minyak lalu letakkan adonan yang sudah kalis tadi diatasnya, tutup dengan plastik, atau serbet supaya adona tidak kering, kemudian diamkan di tempat yang hangat, saya di dalam microwave yang dalam keadaan mati (tidak dinyalakan).
4.    Diamkan adonan sampai mengembang selama 1 jam.


Note : 

Oh ya, jangan lupa panasin oven 160 C kira kira 15 menit sebelum adonan pizza masuk oven ya. 


5.    Jika sudah mengembang letakkan adonan diatas loyang pizza lalu pipihkan adonan sampai menutupi loyang. ratakan dengan sendok atau spatula. Kemudian tusuk perlahan dengan garpu di sekeliling adonan.




6.    Olesi adonan dengan saus pizza dan dan beri garlic bread powder lalu lapisi dengan lapisan keju cheddar di sekelilingnya.



7.    Kemudian sobek sobek daging burger yang belum diolah, Jangan terlalu halus ya mennyobeknya, biarkan agak besar supaya pas di sajikan tekstur dagingnya berasa. Lalu berikan lapisan keju mozarella di atasnya.





8.    Taburi dengan daun basil dan oregano diatasnya. Bisa juga ditambah tomat ceri, saya tidak pakai.



9.    Panggang di oven dengan suhu 160 C selama 25 menit. Masing masing oven mungkin akan beda waktunya.

Salam Ngepul, 



No comments:

Post a Comment

Jika ada yang ingin ditanyakan atau sekedar mengirim komentar. Silahkan meninggalkan komentar jika berkenan.
InsyaAllah sesegera mungkin saya akan membalasnya.
Salam Ngepul ^^

Adbox