Monday, 26 June 2017

Daging Kuah Susu


Hai semua, apa kabar? Gimana lebaran hari pertama kemarin? Saya disini sepi sepi aja, gak kaya di kampung halaman. Sebenarnya dapat undangan silaturahim sih, tapi gimana ya Mas Bojo mah dapet kerjaan di hari nan fitri ini, hikz resiko kerja di lapangan, gak pernah bisa ditebak kapan waktunya. 

Oh ya pada masak apa lebaran kali ini. Sudah pasti ada ketupat dan temantemannya dong ya. Saya cuma masak lontong ayam saja. Resep sudah pernah saya upload ya, silahkan klik disini buat resep Lontong Ayam nya, masaknya simple, cuma saya bikin lontongnya sendiri soalnya ga ada bungkus ketupat disini, jadi masak di rice cooker saja, gak pake lama, dan gak perlu di presto-presto.


Pada kesempatan kali ini saya mau bikin menu spesial saya lainnya, mungkin sebagian dari anda mengira ini salah empal gentong, tapi ini bukan karena saya tidak memakai santan, lengkuas seperti yang ada pada empal gentong. Yang saya buat inia dalah perpaduan soto betawi dan empal gentong. Rasanya yummy, dimakan cukup dengan nasi anget dan segelas es teh manis sudah cukup mengisi kekosongan perut di siang atau malam hari.



Saya memakai susu sebagai salah satu bahan utama, pertama santan itu kurang baik buat kesehatan, apalagi untuk orang seusia saya, hehe. Sadar nggak lagi muda, saya menggantinya dengan susu dan saya sangat menyukainya. Shhht, jangan bilang bilang Mas Bojo saya ya, kalau ini terbuat dari susu. Saya gak pernah bilang, ia selalu berpikir ini santan, padahal, hehe saya berhasil melabui nya untuk kebaikan dan kesehatannya.


Bahan bahan: 
250 gram daging sapi bagian sengkel
100 ml susu cair instant
1 buah pekak (bunga lawang)
1 batang serai
4 lembar daun jeruk
1 blok kaldu ayam maggy
gula dan garam secukupnya
1/2 sdt merica bubuk
1/2 sdt kayu manis bubuk atau 1 batang kayu manis besar
air secukupnya

Bahan Pelengkap: 
5 siung bawang merah
2 siung bawang putih
1 butir kemiri
1 buah cabai merah
1/2 sdt kunyit bubuk
1/2 sdt jinten bubuk
1 cm jahe

Cara Membuat: 
1.    Cuci bersih daging, keringkan dan potong memanjang tipis.



2.    Panaskan butter lalu tumis daging sebentar saja, kira kira 5-7 menitan hanya sampai berubah warna lalu angkat dan sisihkan.



3.    Kemudian tumis semua bahan bumbu halus menggunakan butter 3 sdm, lalu tambahkan serai, daun jeruk, kayu manis, bunga pekak, tumis sampai wangi dan mengeluarkan minyak.



4.    Tambahkan susu  dan air lalu aduk lagi sebentar lalu diamkan sampai matang.



5.    Setelah itu tambahkan daging dan diamkan sebentar sampai matang lalu angkat dan sajikan dengan potongan daun bawang atau bawang goreng diatasnya.

Salam Ngepul, 



Oh ya ini hasil recook para Dapur Ngepul ers ya 😊.



No comments:

Post a Comment

Jika ada yang ingin ditanyakan atau sekedar mengirim komentar. Silahkan meninggalkan komentar jika berkenan.
InsyaAllah sesegera mungkin saya akan membalasnya.
Salam Ngepul ^^

Adbox