Tuesday 7 January 2020

Ice Coffee Jelly (Minuman Seger buat Summer)

Summer emang sudah berlalu, sekarang lagi memasuki musim hujan. Bahkan kemarin beberapa hari yang lalu sempat terjadi bencana banjir di berbagai daerah di Jakarta. Daerah saya pun yang biasanya gak kena banjir, ini akses menuju ke rumah saya ditutup banjir semua, mungkin kalau hujannya belum berhenti juga waktu itu, bisa bisa rumah saya kebanjiran juga. Prihatin saya ngeliat kondisi di Jakarta belakangan ini, tapi kita tidak perlu saling menyalahkan satu sama lain karena bencana ini. 

Mungkin ada baiknya jika kita saling mengintropeksi diri, sudahkah kita membuang sampah pada tempatnya, sudahkah kita membersihkan perkarangan rumah, saluran air dan juga membatasi pemakaian jumlah plastik. Karena kita mengetahui, bukan plastik tidak bisa diurai dalam tanah, tapi akan memakan waktu yang sangat lama untuk mengurainya, timbunan plastik akan membuat saluran-saluran air semakin mampet. Saya sendiri masih belum bisa mengurangi ketergantungan akan wadah plastik. Tapi sedikit demi sedikit saya berusaha menguranginya. Walaupun belum bisa sepenuhnya, jika bukan dimulai dari diri kita siapa lagi.

Semoga hujan deras di Jakarta cepat berlalu ya, lebih tepatnya bencana banjirnya, yang pasti saya mendoakan semoga yang terkena dampak bencana kemarin banyak diberi kesabaran. Aamiin. Jaga kesehatan ya Bunda, karena di musim hujan begini, kadang kadang kita gampang terserang penyakit jika daya imun sedang lemah, begitupun dengan anak anak. Banyak minum vitamin C, dan istirahat yang cukup. 

Anyway, sebenarnya saya sharing resep minuman ini bukan buat musim dingin ya Bun, tapi sebenarnya ini lebih tepat untuk summer. Tapi insyaAllah sebentar lagi Jakarta masuk musim panas. Atau mungkin masih berbulan bulan lagi ya, hehe. Tidak mengapa Bun, disimpen dulu aja resepnya buat nanti.

dapurngepul.com

Ini resep saya adaptasi dari Minuman Filipina dan Jepang. Rasanya seger banget Bun. Rasa kopinya berasa, mirip mirip cincau ya? Kalau dilihat sekilas mirip, tapi cincau kan gak ada aroma kopinya, ini ada ekstrak kopinya. Untuk resep asli Filipina nya, krimnya ngga dimasak dulu, langsung diaduk sama susu kental manisnya. Tapi apalah saya, saya lebih suka dimasak sebentar dulu Bun, karena saya kurang yakin apakah krim kentalnya sudah ready to eat. Yang mau langsung disajikan tanpa dimasak silahkan saja ya. 

Bahan - Bahan :
2 sdm kopi hitam bubuk
3/4 cup gula pasir atau sesuai selera
2 bungkus agar-agar bening swallow atau merk bebas
1400 ml air atau sesuai takaran agar agar

Bahan Cream :
300 ml heavy cream/krim kental (ada di supermarket bagian chiller)
395 gram (1 kaleng) susu kental manis putih

Bahan Pelengkap :
Pinggan tahan panas

Cara Membuat :
1.Siapkan panci berisi air, masukkan agar agar bubuk,gula, kopi, nyalakan api dan aduk rata, koreksi rasa setelah mendidih. Masak sampai terus diaduk sampai agar-agar matang.
dapurngepul.com

2. Pindahkan agar-agar yang suddah matang ke pinggan tahan panas, lalu biarkan suhu ruang. Setelah set dan hawa panasnya hilang simpan dalam kulkas bagian bawah.

dapurngepul.com

3. Panaskan susu kental manis di dalam panci, tambahkan krim kental, aduk rata dan masak sebentar saja, lalu matikan api dan diamkan suhu ruang, setelah hawa panasnya hilang simpan di dalam kulkas
dapurngepul.com

dapurngepul.com

4. Keluarkan agar agar lalu potong2 dadu ukuran sedang, jangan terlalu kecil atau terlalu besar.
dapurngepul.com

5. Saat penyajian beri potongan agar-agar dalam gelas saji lalu tuang krim diatasnya, tambahkan topping whipped cream jika suka.
dapurngepul.com


Anyway, kalau Bunda sulit menemukan krim kental bisa diganti dengan whipping cream, kalau berbentuk cairan bisa di mixer dulu Bun sampai kaku. Krim kental sendiri sebenarnya banyak didapatkan di berbagai supermarket besar di bagian frozen, penyimpanan nya sendiri persis dekat dekat butter. Ditunggu recooknya Bun, silahkan di tag atau mention di instagram saya @dapur.ngepul.

Salam,

No comments:

Post a Comment

Jika ada yang ingin ditanyakan atau sekedar mengirim komentar. Silahkan meninggalkan komentar di kolom komentar.
InsyaAllah saya akan membalasnya.
Salam Ngepul ^^

Adbox