Sunday, 14 May 2017

BBQ Beef Back Ribs ( Iga Sapi Bakar )





Zamannya saya masih dibangku sekolah, saya suka banget sama makanan yang satu ini, tapi dulu beda versi, namanya iga bakar. Pasti pada kenal dong ya dengan menu makanan yang happening itu pada zamannya, hehe. Dulu sih saya cuma makan di warung deket sekolah. Ya harga anak sekolah, murah cuma agak kurang bumbu. Menyesuaikan harga mungkin ya.

Dulu pas ngeliat iga bakar sih gak pernah kepikiran mau bikin sendiri secara kayanya koq ribet ya. Tapi seiring berjalannya waktu iga bakar yang selalu saya impikan, halah. Saya nyobain semua iga bakar dari restaurant satu ke restaurant lainnya. Enak enak tapi paling beda di bumbu dan cara penyajiannya. 

Begitu si iga ini pindah ke negara lain, namanya bukan iga lagi, alias ribs, kalo saya mah teteup ini namanya iga, hadeh.

Oh ya lanjut ke cerita tadi, sampai akhirnya saya nemuin si iga di restaurant yang cukup enak. Cuma si iga ini di TGIF, kayanya di setiap negara beda beda. Kalo di negara nya paman Sam ditambahin alkohol di menu utamanya. 

Katanya sih enak. Saya sendiri sudah mencoba ribs di TGIF nya menara kembar, enak banget bumbunya ngeresep sampai ke tulang, cuma, hmm apa ya, agak kemanisan kalau dilidah saya.

Sampai akhirnya, saya mimpi masak si iga ini sendiri. Lumayan lah bisa lebih irit. Dan yang pasti homemade pasti lebih enak karena bisa nyesuai in rasa yang kita mau. 




                        liat deh lelehan bumbunya, ngeresep sampai ke tulang.. yumm.. 



Bahan utama: 

600 gram Beef Back Ribs import (new zealand)


Bahan Marinasi: 

3/4 cup brown sugar
1 sdt garlic powder
3 sdt paprika bubuk
1 sdt cabai bubuk
1/2 sdt garam
1 sdt lada hitam bubuk
1/2 sdt oregano bubuk
2 sdm olive oil


Bahan Saus Barbeque: 

1 cup saus barbeque merk apa saja ( saya pakai Heinz Hickory Smoke Barbeque Sauce)
1/2 cup brown sugar
5 sdm madu


Cara memasak :

1.   Cuci bersih daging dan buang bagian kulit warna putih (membran) yang masih menempel pada daging.






                            ini daging yang saya maksud besar tapi murah banget disini hihi.



2.   Campur semua bahan marinasi dan aduk rata.


3.   Lumuri daging dengan bumbu marinasi dan diamkan se malam an.



lumuri bumbunya jangan takut-takut ya, biar nge resep nanti pas di olah.


4.   Keesokan harinya keluarkan daging dari kulkas 1/2 jam sebelum diolah.




5.   Panaskan oven pad suhu 142 C atau 250 F selama 1/2 jam.

6.   Lapisi daging dengan aluminium foil, tutup rapat jangan ada celah.




7.   Pastikan aluminum foil benar benar rapat agar daging tidak kering sewaktu proses memanggang.



                                          pliss, jangan ada celah, nanti saya kepanasan :P



8.   Panggang selama 3-4 jam, tergantung ketebalan daging dan suhu dari masing masing oven, tapi lebih lama lebih baik karena daging akan lembut saat di gigit.

9.   Siapkan saus barbeque dengan mencampur semua bahan saus dan aduk rata.

10.  Setelah 3-4 jam keluarkan daging dari dalam oven dan buka aluminium foilnya (tiriskan dan buang air bekas rebusan panggangan daging yang ada dalam aluminium foil).



gimana sudah kelihatan menggoda belum?


11.  Olesi daging dengan bahan saus barbeque yang sudah disiapkan sebelumnya.




13.   Kembalikan lagi ke dalam oven dan panggang selama 30 menit dengan suhu yang masih sama. 


14.   Keluarkan dari oven dan biarkan daging resting sebentar selama 10 menit sebelum disajikan.
    



bumbu nya meresap sampai ke tulang, duh yummy.


Salam Ngepul, 



No comments:

Post a Comment

Jika ada yang ingin ditanyakan atau sekedar mengirim komentar. Silahkan meninggalkan komentar jika berkenan.
InsyaAllah sesegera mungkin saya akan membalasnya.
Salam Ngepul ^^

Adbox