Sunday, 14 May 2017

Sambal Goreng Hati Ampela





Siapa yang tidak kenal dengan sambal goreng hati ampela, ada berbagai macam versi, kebetulan karena di negara tempat saya tinggal sementara tidak ada jual petai, jadi sabal goreng hati ampela ini sedikit dimodifikasi.






Tapi rasanya gak kalah koq, cuma aromanya aja yang gak ada, hihi. Hayo siapa yang nggak suka bahan masakan yang satu itu. Kalo ada, berarti sama dengan saya, eh. 
Kalo makan ini cuma dengan nasi panas ditemani teh manis anget, duh udah enak banget. Bisa pakai sayur sop bening atau seperti saya cuma sama lalapan aja. Abis kayanya makan pakai nasi aja udah pas hehe. Daripada saya bercerita panjang lebar, nanti gak jadi jadi masak. Yuk ah dibuat sambal goreng hati ampela nya.






Bahan bahan: 

1 buah kentang ukuran sedang
300 gram hati dan ampela
3 buah cabai merah besar
3 buah cabai rawit
1 buah tomat ukuran sedang
5 siung bawang merah
3 siung bawang putih
1/2 sdt lada hitam bubuk
2 sdm gula pasir
3/4 sdt garam
1/2 bungkus bumbu ayam goreng siap pakai
minyak untuk menggoreng
air secukupnya


Cara memasak :

1.    Kupas kentang dan cuci bersih, lalu potong seukuran dadu agak kecil.

2.   Goreng kentang dengan minyak agak banyak sampai lembut dan garing dibagian luar lalu sisihkan.

3.   Bersihkan hati dan ampela dan potong seukuran dadu kecil lalu bumbui dengan bumbu ayam goreng siap pakai.

4.   Goreng hati ampela sampai matang dan sisihkan.

5.   Haluskan bawang merah, bawang putih, tomat, semua cabai, tambahkan sedikit saja air sampai berbentuk pasta.

6.   Tumis bumbu halus dengan sedikit minyak, lalu beri gula, lada, garam, lada hitam bubuk.

7.   Tumis sampai bumbu menyusut dan minyak terlihat memisah dari bumbunya, tanda bumbu sudah mau matang.

8.   Setelah bumbu matang masukkan kentang, hati ampela yang telah digoreng sebelumnya.

9.  Aduk perlahan lalu matikan api dan koreksi rasa.

Salam Ngepul, 


Oh ya.. ini recook cantik nya sambal goreng hati, yang mau kirim foto recook silahkan ya.






No comments:

Post a Comment

Jika ada yang ingin ditanyakan atau sekedar mengirim komentar. Silahkan meninggalkan komentar jika berkenan.
InsyaAllah sesegera mungkin saya akan membalasnya.
Salam Ngepul ^^

Adbox