Sunday, 21 May 2017

Sop Kepala Ikan Salmon




Pertama kali saya makan di salah satu restaurant Jepang terkemuka di Jakarta, saya jatuh cinta pada pandangan pertama pada salah satu menu andalannya, yaitu Salmon Belly Soup. Rasanya yang creamy di mulut, tekstur salmonnya yang lembut dan kuah nya yang seger koq ya rasanya pas banget di nikmati saat musim dingin tiba.

Saat itu di pikiran saya, kalau saya pengen makan sop ikan ini, saya cuma perlu dateng ke restaurant Jepang itu. Tapiii.. begitu pindah ikut suami ke negara lain, hikss.. si salmon belly soup nggak ada di sini, huaaaaaa.. rasanya pengen balik ke negeri asal saat itu juga..


Akhirnya saya coba mengeksekusi si kepala salmon di dapur kecil saya. Tanpa banyak pertimbangan, saya dan mas Bojo segera meluncur ke swalayan terdekat, Salmon dapet, semua bumbu dapet tapiii.. Eh mana pasta miso yah? 

Duh, saya ubek ubek swalayan mencari pengganti si miso pasta ini, alhasil mata saya tertuju pada salah satu item di pinggiran rak di bagian atas. Yup, ini yang saya cari, white kidney bean in can a. k.a white kidney bean kalengan. Jadi inget dulu sering banget makan ini buat menu sarapan. Kayanya teksturnya mirip mirip nih sama si miso, yang asalnya dari Jepang itu. 


Cuzz...saya segera pulang, dan mengeksekusi semua bahan keesokan harinya. Dan finally I got precisely what I really want! Ini bahkan lebih enak daripada versi aslinya yang pakai miso. Tapi sebenarnya white kidney bean bukan satu satunya alasan sop kepala ikan salmon ini jadi enak, melainkan saya menggabungkannya dengan kaldu sapi.

Ya ya ya, pasti banyak yang bertanaya dalam hati kenapa saya memilih menggunakan kaldu sapi bukan kaldu seafood seperti yang seharusnya, ini karena si kaldu sebagai kunci utama bikin sop ikan ini lebih creamy dan gurih, kan tadi saya juga pakai minyak ikan, karena di Jepang sendiri pakainya dashi. Kalau saya bilang sih, no Dashi, no problemo :)



Bahan bahan: 

600 gram kepala ikan salmon dan daging ikan salmon yang masih ada lemaknya.
100 gram jamur enoki / jamur tiram
700 - 800 ml air
1/2 bawang bombay, diiris
3 cm jahe, di geprek
4 siung bawang putih, haluskan
1 sdm minyak ikan
1 blok kaldu sapi maggy (jangan kaldu ayam ya)
1 kaleng white kidney bean 
1/2 sdt lada hitam bubuk
1 sdm gula pasir
3/4 sdm garam
daun bawang iris memanjang (ambil bagian hijaunya saja)



Persiapan: 

#  Cuci bersih ikan dan potong potong daging ikan ukuran sedang



Cara memasak :

1.    Haluskan atau blender white kidney bean sampai berbentuk pasta.





2.    Tumis dengan sedikit minyak bawang putih dan bawang bombay yang sudah dihaluskan, jahe yang sudah digeprek sebelumnya dan jamur yang telah di potong potong. Tumis sampai harum.




3.    Sementara didihkan air di panci dan tambahkan tumisan bumbu tadi beri gula, garam, lada hitam bubuk, kaldu sapi blok, minyak ikan dan aduk lagi diamkan 5-10 menitan dengan api sedang.

4.    Lalu tambahkan potongan daging ikan dan kepala salmon kedalamnya. Dan aduk pelan dan sebentar saja, jika tidak ingin ikan hancur. Diamkan 5 menit dan matikan api.






5.    Taburi irisan daun bawang diatasnya dan matikan api. 

6.    Sop ikan salmon siap disajikan selagi masih hangat.

Salam Ngepul, 



No comments:

Post a Comment

Jika ada yang ingin ditanyakan atau sekedar mengirim komentar. Silahkan meninggalkan komentar jika berkenan.
InsyaAllah sesegera mungkin saya akan membalasnya.
Salam Ngepul ^^

Adbox