Sunday, 21 May 2017

Ayam Bakar Padang



Ayam bakar padang, ya siapa yang tak kenal menu yang satu ini. Saya pribadi sih suka sekali sama masakan padang apapun itu, meskipun saya bukan asli sana. Tapi masakan padang emang enak sih, hehe. Jadi jangan heran ya kalo nanti lebih banyak maskan padang yang saya upload di sini. Tapi jujur kalaupun saya pergi ke luar kota ataupun ke luar negeri, dan saya bosan atau kurang minat sama masakan setempat, biasanya saya melipir ke restaurant padang terdekat, haha. Abis yang cocok di lidah cuma itu. Apa ada yang sama dengan saya ya? 

Balik lagi ke masakan padang. Kenapa saya milih masak sendiri daripada beli, pertama karena emang disini gak ada resto padang, tapi bukan itu sih alasan utamanya. Saya suka ngubek ngubek dapur sendiri karena kalo masak sendiri bahan bumbunya bisa dibanyakin sebanyak banyaknya haha. Secara kalau kita makan di resto kan gak enak yah nambah bumbu doang lauknya ngga, ntar dibilang pelit wkwk.



Yowes, daripada saya banyak cerita lebih baik kita bikin yuk, gampang koq ini cuma butuh bumbu inti kuning, selebihnya cuma saya tambahin rempah rempah asli Indonesia biar lebih berasa Padang banget, nge resep.. sepp.. sampai ke tulang.. Boros nasi deh nih..

Bahan utama: 
500 gram ayam potong

Bumbu halus: 
6 siung bawang merah
4 siung bawang putih
2 siung kemiri
1/2 sdt kunyit bubuk
5 buah cabai merah besar
2 buah cabai rawit
1 cm jahe
1 sdt ketumbar

Bahan pelengkap: 
2 batang serai
2 butir cengkeh
5 lembar daun jeruk
3 butir kapulaga (cardamom)
1 bunga pekak/bunga lawang (star anise)
6 sdm brown sugar / 2 blok gula merah
1/4 cup santan kental
gula dan garam secukupnya
1/2 sdt lada hitam bubuk
1/2 blok kaldu ayam maggy
minyak untuk menggoreng

Cara memasak :
1.    Cuci bersih ayam dan keringkan
2.    Haluskan semua bumbu halus sampai berbentuk pasta.



3.    Tumis bumbu halus dengan sedikit minyak dan tambahkan semua bahan pelengkap, tumis sampai harum.



4.    Tambahkan ayam ke dalam bumbu tumisan dan aduk perlahan. Dan diamkan sampai bumbu agak menyusut dan ayam berubah warna.



5.    Tuang santan ke dalamnya dan tambahkan gula pasir, brown sugar, garam, kaldu ayam blok, lada hitam bubuk, dan aduk sebentar kemudian biarkan kuah menyusut lagi. Setelah matang matikan api.

Pas dikasi santan, ayam terus diaduk pelan sampai mendidih ya supaya santan tidak pecah.

setelah berberapa menit, bumbu menyusut.

6.    Panaskan alat pemanggang yang sudah diolesi dengan sedikit minyak, lalu pindahkan ayam ke atasnya setelah panggangan panas.


pindahkan ayam ke panggangan

7.   Balik ayam setelah beberapa menit lalu olesi lagi dengan sisa bumbu, tunggu sebentar dan angkat jika sudah matang dikedua sisi.


6.    Pindahkan ayam ke piring saji dan ayam siap disajikan.



Salam Ngepul, 



No comments:

Post a Comment

Jika ada yang ingin ditanyakan atau sekedar mengirim komentar. Silahkan meninggalkan komentar jika berkenan.
InsyaAllah sesegera mungkin saya akan membalasnya.
Salam Ngepul ^^

Adbox