Wednesday, 28 August 2019

Sop Buntut Istimewa


dapurngepul.com

Saya masih ingat pertama kali saya makan sop buntut ini di Surabaya. Di tempat kelahiran saya malah saya ngga pernah niat mencoba sedikit pun mungkin karena sedari kecil orangtua saya juga bukan penggemar buntut sapi, kikil, jeroan dan sejenisnya. Saya pun demikian, koq kayanya risih mendengar kata buntut sapi, sampai akhirnya terucap dalam hati ngga akan pernah makan yang namanya buntut sapi. 

Tapi mungkin ada benernya ya, terkadang ajakan teman bisa meruntuhkan " iman " untuk menyicip sesuatu yang baru. Sampailah pada suatu ketika, ketika saya berada di salah satu mall di Surabaya. Godaan sop Buntut yang sedang dimakan teman saya dengan lahapnya membuat lontong sayur cap gomeh di piring saya tidak bernilai lagi (saat itu :p). Teman saya yang menyadari hal itu langsung menyodorkan semangkuk sop buntut hangat miliknya ke depan saya. Alhasil, tanpa berfikir kalau itu " buntut sapi ", tenyata sop buntut itu emang enak banget rasanya. Kemana saja saya selama ini..?? 

dapurngepul.com

Akhirnya saya selalu mengganti menu weekend saya dengan jajan sop buntut, dan selalu mencari sop buntut yang terenak di ibukota. Dulu sih saya belum bisa masak, jadi saya selalu beli dan beli. Ternyata boros dikantung juga ya, rata rata harga sop buntut itu lebih mahal dari sop lainnya. Sampailah saya ke dapur membuat sop buntut ini untuk disajikan ke keluarga kecil saya.

Pertama kali bikin sop buntut hasilnya kurang memuaskan, karena saya membuang air rebusan pertama terlalu cepat, sehingga masih ada bau dagingnya. Dari sana saya belajar, untuk merebusnya pastikan semua busa dan lemak-lemaknya keluar semua, sampai terangkat semua di kuahnya, lalu ganti air nya dengan yang baru. Finally, sop buntut istimewa bisa saya hadirkan di meja makan. 

Bahan - Bahan :
1 kg buntut sapi, rebus sampai lemaknya keluar semua, buang airnya, angkat dan tiriskan.
1 wortel iris iris
2 batang daun bawang iris sama besar
2 batang seledri
1 cm jahe digeprek
2 butir kapulaga
2 batang kayu manis
2 buah cengkeh
3 siung bawang merah (iris lalu goreng setengah matang, jangan sampai kering)
garam secukupnya
gula secukupnya 
1/2 sdt merica bubuk
air secukupnya

Bumbu Tumisan :
5 siung bawang putih haluskan
1/2 buah bawang bombay cacah kasar

Bahan Pelengkap :
daun bawang, seledri iris
bawang goreng
jeruk lemon
tomat iris2
emping 
sambal

Cara Membuat :
1. Rebus buntut sampai lemak dan busa nya keluar semua, buang airnya. Angkat buntut, tiriskan dan sisihkan
2. Tumis semua bumbu sampai wangi keemasan.
3. Sediakan panci presto (boleh pakai panci biasa tapi agak lama masaknya) lalu masukkan tumisan bumbu ke dalam presto, jahe, dan bumbu utuh lainnya, gula, garam, merica dan penyedap lainnya buntut sapi dan air sampai menutupi buntut semuanya. Masak di panci presto selama kurang lebih 35 menit. Kalau tanpa presto sekitar 2 jam atau lebih ya sampai empuk buntutnya.
4. Setelah presto bisa dibuka, masukkan wortel, bawang goreng setengah matang dan daun bawang bagian putihnya saja. Lalu masak sampai kuah meresap dan sayur matang. Koreksi rasa, matikan api.
5. Saat penyajian beri bawang goreng, sambal, emping dan irisan jeruk lemon/nipis. 

No comments:

Post a Comment

Jika ada yang ingin ditanyakan atau sekedar mengirim komentar. Silahkan meninggalkan komentar jika berkenan.
InsyaAllah sesegera mungkin saya akan membalasnya.
Salam Ngepul ^^

Adbox