Monday, 10 June 2019

Bakso Sapi



Pasti banyak dari Bunda yang suka Bakso ya, termasuk saya suka banget sama kuliner satu ini. Kalau pulang ke Jakarta yang saya cari bakso langganan saya. Tapi berhubung saya nggak mudik lebaran ini jadilah nguprek nguprek bikin bakso sendirian di dapur. Bikinnya gampang Bun, saya pakai daging giling aja yang masih fresh biar ga lebih simple. Tapi yang mau pakai daging sapi utuh juga boleh banget, pilih yang masih fresh ya Bun dan low fat atau tanpa lemak. 

Untuk menghaluskan bakso bisa dengan menggunakan food processor atau hand blender. Kalau menurut saya pakai food processor lebih gampang, tapi nyuci nya lebih ribet hehee. Jadi lah saya memanfaatkan hand blender saya yang lama tidak terpakai. Untuk es batunya lebih baik dihancurkan dulu ya Bun, bisa pakai ulekan/cobek, rolling pin atau ice breaker. Kalau bisa daging jangan terlalu lama diolah, dan pemakaian es batu berguna banget biar daging tetap fresh selama proses pengolahan. 

Ngomong ngomong soal makan bakso, dulu waktu saya beli bakso pas zaman sekolah, yang saya minta lebih bukan bakso atau bihunnya, tapi kuahnya yang banyak, entah kenapa saya suka banget kuahnya, mungkin karena micinnya banyak ya Bun hehe. Tapi yang jelas saya suka sekali makan bakso. Apalagi mau masuk winter bisa bisa tiap minggu saya masak bakso disini. Lagipula bikin bakso sendiri lebih sehat Bun, karena ngga pakai pengawet dan bahan tambahan lainnya yang berbahaya. Jadi aman buat keluarga Bunda. Yuk dibikin Bunda. Ditunggu reccok cantiknya ya, Bun.

Bahan Utama:
500 gram daging sapi giling segar tanpa lemak (low fat)
85 gram es batu
75 gram tepung tapioka/tapioca flour
1 butir telur ayam ukuran sedang
1 sdt baking powder
garam secukupnya
1/2 sdt penyedap/kaldu bubuk
5 bawang bawang putih haluskan
merica/lada putih secukupnya

Bahan Pelengkap:

air dingin di isi es agak banyak (siapkan nanti)
air untuk merebus/memasak bakso secukupnya (sampai bakso terendam)
1-2 sumsum sapi (boleh diganti pakai bumbu kuah bakso royco)
daun bawang (bagian putih nya diambil untuk kuah bakso)
Sawi/pakchoy
Bawang goreng secukupnya
Soun/Bihun/Vermicelli (seduh dgn air panas tiriskan)
Sambal bakso


Cara Membuat: 
1.    Daging giling dan es batu (hancurkan dulu es nya dengan rolling pin atau cobek) haluskan dengan food processor atau hand blender.
2.      Lalu tambahkan semua sisa bahan utama diatas dan blender sampai tercampur rata. Sementara didihkan air agak banyak (sampai bakso terendam)
3.      Sediakan air dingin di mangkuk besar dengan tambahan es batu secukupnya. Lalu matikan air mendidih tadi (untuk merebus bakso)
4.      Bentuk bakso menggunakan sarung tangan plastik dan tangan satunya menggunakan sendok lalu masukkan ke air mendidih tadi (yg sudah dimatikan apinya) lakukan sampai bakso habis.
5.       Setelah bakso terendam semua, nyalakan api kompor lalu masak sampai mengapung. Angkat dan rendam dalam air es tadi. Lalu sisihkan dengan saringan. 
6.       Buat kuahnya, rebus tulang sumsum sapi tambahkan bawang putih halus yg sudah ditumis (1 sdm) lalu tambahkan kaldu secukupnya, gula sedikit saja, daun bawang, seledri, dan masukkan bakso tadi. Sajikan bersama pelengkap lainnya.

Selamat menikmati, ditunggu recook nya ya :)

No comments:

Post a Comment

Jika ada yang ingin ditanyakan atau sekedar mengirim komentar. Silahkan meninggalkan komentar jika berkenan.
InsyaAllah sesegera mungkin saya akan membalasnya.
Salam Ngepul ^^

Adbox