Saturday 18 November 2017

Rosemary Roasted Chicken (Ayam Panggang Rosemary)


Rosemary Roasted Chicken by dapurngepul.com

Entah sudah berapa kali saya memanggang ayam seperti ini, gara-gara terinpirasi Roasted Chicken yang saya pesan sebelumnya di restaurant. Saya tidak pernah terpikir suatu saat akan buat sendiri. Karena dulu kan saya makan ayam sendiri, jadi paling cuma cukup makan satu atau dua potong ayam sekali makan. Tapi semenjak berkeluarga, Roasted Chicken ini sering jadi menu andalan sehari hari. 

Karena porsinya yang cenderung besar, biasanya saya ngga masak nasi, nanti malah ngga kemakan ayamnya kalau saya masak nasi gara-gara kebanyakan porsinya. Jadilah saya menggantinya dengan kentang dan brokoli yang lebih sehat. Jadi tambah nikmat makannya, serasa lagi makan di restaurant terkemuka hehe. 

Rosemary Roasted Chicken by dapurngepul.com

Sebenarnya ada dua metode pemanggangan ayam ini, pertama panggang ayam bersama sayurannya langsung di atas loyang atau baking pan. Dulu saya pernah coba, tapi hasilnya jadi gak kering ayam nya, enak sih juicy teksturnya, cuma saya lebih suka yang seperti ini, lemak ayam nya ngga ikut masuk lagi kedalam ayam. Yummy deh pokoknya. 

Bahan Utama :
1 ekor ayam ukuran sedang

Bumbu Marinasi :
3 siung bawang putih
1 sdt garam
2 sdt lada hitam bubuk
3 sdt bubuk thyme
2 sdt bubuk rosemary
3 sdt paprika bubuk
1 sdm air jeruk lemon
olive oil secukupnya

Bahan Pelengkap :
200 gram brokoli potong-potong
1 kentang ukuran besar
garam dan lada hitam secukupnya
1 sdm keju parmesan bubuk / parut (hanya untuk brokoli)

Bahan Pelengkap 2 :
1/2 Bawang bombay iris besar
3 siung bawang putih utuh

Cara Membuat: 
1.       Keringkan ayam yang sudah dibersihkan, sebelumnya buang bagian leher dan bawahnya.
2.       Campur semua bumbu marinasi dalam mangkuk lalu aduk rata.
3.       Marinasi ayam dengan bumbu marinasi, termasuk bagian dalamnya, pastikan rata agar bumbu meresap sempurna, tutupi dengan plastik wrap, dan simpan di kulkas bagian bawah semalaman (paling cepat marinasi satu jam sebelum)
4.       Panaskan oven pada suhu 180 C selama 30 menit sebelum pemanggangan.
5.       Keluarkan ayam dari kulkas 30 menit sebelum dipanggang, masukkan 3 siung bawang putih utuh di dalam badan ayam dan letakkan ayam di atas cooling rack di atas loyang, supaya ayam tetap kering saat dipanggang. Tata irisan bawang bombay di samping ayam.
6.       Sementara cuci bersih kentang dan brokoli yang sudah dipotong, keringkan dan tata di atas loyang lain. Lalu berikan berturut-turut olive oil, garam dan lada hitam bubuk (untuk brokoli tambahkan sedikit taburan keju parmesan)
7.       Panggang ayam di rack atas oven pada suhu 180 C selama 1 jam 15 menit atau sampai ayam matang (tandanya jika ditusuk dengan temperature daging maka suhu dalam bagian ayam menunjukan suhu 70-75 C tanda ayam sudah matang sempurna)
8.       Panggang kentang dan brokoli bersamaan dengan ayam di rack bawah oven, brokoli akan lebih cepat matang. Biasanya hanya 30 menit, angkat brokoli dari oven setelah matang.
9.       Setelah matang, angkat dan sajikan. Biarkan ayam resting 5-10 menit sebelum disajikan.

 Selamat Menikmati :)

Oh ya, di bawah ini hasil yang sudah recook.
Yang mau recook, silahkan tag/mention ke instagram @dapur.ngepul

Salam, 






No comments:

Post a Comment

Jika ada yang ingin ditanyakan atau sekedar mengirim komentar. Silahkan meninggalkan komentar di kolom komentar.
InsyaAllah saya akan membalasnya.
Salam Ngepul ^^

Adbox